fbpx
Doa Bersama Awali Rekonstruksi Jembatan Muharto
Malanginspirasi.com, Kedungkandang – Sebagaimana umumnya pengerjaan sesuatu, selalu diawali dengan doa agar segalanya lancar tidak ada kendala. Demikian pula dengan pembangunan Jembatan Muharto di Kelurahan Kotalama, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang. Sebelum dimulai pembangunannya, digelar doa bersama-sama warga tepat di atas jembatan tersebut

“Menandai awal pelaksanaan pembangunan jembatan, mari kita lakukan permohonan doa bersama,” ujar Hadi Santoso, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Malang di lokasi rehabilitasi Jembatan Muharto, Jumat (22/19).

Ia mengatakan, pelaksanaan pengerjaan rehabilitasi jembatan diperkirakan akan rampung dalam waktu satu bulan. Sesuai dengan rekomendasi tim teknis Universitas Brawijaya untuk mengemballikan kondisi fisik seperti semula, rehabilitasi jembatan yang mulai rapuh itu menggunakan metofe Refrofit.

Sebagai informasi, metode “refrofitting” adalah metode atau teknik memodifikasi atau merestore bangunan dengan menambah bagian atau peralatan baru yang dianggap perlu karena tidak tersedia pada saat awal pembuatannya.

Teknik retrofitting bertujuan untuk menyesuaikan kondisi atau keperluan baru terhadap bangunan seperti memperbaiki bangunan yang rusak, memperkuat bangunan, menambah dan lain sebagainya. Kelebihan metode ini adalah tanpa harus membongkar total bangunan yang sudah ada.

Baca Juga : Warga Manfaatkan Program Sunset Policy untuk PBB dengan Baik

Kepala DPUPR yang akrab disapa Soni ini meyakinkan paska rekonstruksi Jembatan Muharto layak dan aman diliewati.

“Tapi saya tetap berpesan agar warga turut menjaga dan berperilaku bijak. Di antaranya, jangan buang sampah sembarangan di bibir jembatan, di bahu jembatan. Jangan pula melempar sampah saat lewat jembatan,” kata Soni.

Rekonstruksi jembatan yang menghubungkan jalur kecamatan Kedungkandang dengan kota Malang tersebut menggunakan anggaran dari Belanja Tidak Terduga Tahun Anggaran 2019 sebesar Rp 1,3 milyar. Pengerjaan jembatan ditargetkan tuntas dalam waktu satu bulan atau selesai menjelang akhir tahun ini.