fbpx
Pembelajaran Tari Topeng Malang

Malanginspirasi.com – Beberapa waktu lalu Kampung Budaya Polowijen (KBP) dikunjungi 90 siswa murid yang terdiri dari Kelompok Bermain, Taman Kanak-kanak (TK) A dan B Asy Syahriah Tlogomas, Lowokwaru, Kota Malang. Dalam kunjungan yang juga ditemani para orang tua mereka, para murid TK tersebut diajari tari Topeng Malang agar mereka tidak merasa tabu atau gengsi membawakan kesenian khas daerah.

Mengatur Para Murid TK
(Mengatur anak-anak agar tertib sebelum acara dimulai. Image : Malang Inspirasi)

Begitu acara dimulai, para murid TK tersebut terlebih dahulu didongengkan cerita tentang topeng Malang, Ken Dedes dan Joko Lolo. Cerita dibawakan oleh Ki Demang sebagai Penggagas KBP.

Setelah itu mereka disuguhi tari kreasi Terang Bulan yang diperagakan oleh Gendis dkk. dengan narasi cerita oleh Jeniara yang semuanya masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD). Kemudian para murid TK Asy Syahriah juga diajak menyanyi sambil memukul alat musik tradisional di KBP.

Mendengarkan Dongeng
(Mendengarkan dongeng tentang Topeng Malang serta sekelumit sejarah budaya di Malang. Image : Malang Inspirasi)

Tak ketinggalan mereka diajak menari Topeng Bapang dipandu oleh Maria. Sontak anak-anak berdiri dan menari bersama. Menariknya, semua orang tua murid, khususnya ibu-ibu, diajak pula menari Topeng Sabrang yang dipandu langsung oleh guru tari KBP, Indarwati. Suasana pun menjadi ramai dan pecah karena ini pengalaman pertama memeragakan tari Topeng Malang secara bersama-sama.

Salah satu guru Siti Nurul Khasanah merasa berterima kasih mendapati kegiatan menari topeng Malang di KBP sangat menyenangkan. Anak-anak dan orang tua menari bersama menjadi pembelajaran bahwa ini adalah kegiatan seni budaya.

Peragaan Tari topeng Malang, Terang Bulan
(Tari Terang Bulan yang dibawakan oleh para siswa SD. Image : Malang Inspirasi)

“Jadi kami tidak ragu dan tidak merasa tabu lagi karena yang ditarikan adalah kesenian khas Malang dan murni budaya,” ungkapnya senang.

Setelah menari, anak-anak TK Asy Syahriah bersama orang tua melakukan kegiatan mewarna topeng secara bersama-sama sembari diperkenalkan nama-nama tokoh dan karakternya.

Memamerkan Hasil Mewarna Topeng
(Ibu-ibu dengan bangga memamerkan hasil karya anak-anak mereka mewarnai Topeng Malang. Image : Malang Inspirasi)

“Pengenalan karakter itulah yang menjadi pembelajaran watak dan kepribadian seseorang,” papar Didik Medianto, Sekertaris KBP saat memandu mewarna topeng.

Untuk memacu semangat para murid, kegiatan mewarnai topeng ini dinilai dan mendapatkan hadiah dari KBP.