fbpx
Klub Mobil Kuno Gelar Tur Malang-Batu
Malanginspirasi.com, Bunderan Tugu – Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) November ini genap berusia 40 tahun. Untuk memeriahkannya, klub mobil kuno tertua di Indonesia yang didirikan oleh Solihin GP pada tahun 1979 itu melakukan kegiatan tur dalam kota di Batu dan Malang. Juga pameran di Kantor Walikota Malang, 22-24 November 2019.

Pada hajatan klub mobil kuno ini, hadir sejumlah pejabat Pemkot Malang. Sementara dari PPMKI, hadir para Pembina dan Penasehat seperti Marsekal Madya (Purn) Soeprihadi, Anton Suleiman, Hartawan Setjodiningrat. Tak ketinggalan mantan Menpora Roy Suryo turut meramaikan acara.

Pemilihan Batu dan Malang sebagai lokasi perayaan, menurut Ronny Arifudin, Ketua Umum PPMKI, karena lokasinya yang strategis.

“Mudah dijangkau oleh anggota dari berbagai daerah karena letaknya di tengah-tengah, dari Bali maupun dari Jakarta,” ujar Ronny.

Sebanyak 200 kendaraan dari Pekanbaru, Lampung, Jawa, Bali dan Sulawesi hadir di Malang. Selain dukungan penuh dari anggota yang datang dari berbagai daerah, acara ini juga didukung oleh para sponsor seperti Pertamax, Adaro, perusahaan distribusi Gledex, supermarket online SGMart serta dukungan sponsor tuan rumah diantaranya Jatim Park 3 dan Museum Angkut Batu.

“Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan demi suksesnya acara ini,” ucap Ronny.

Menurut Hiapy Suryakusuma, Ketua PPMKI Pengprov Jatim, kehadiran rombongan mobil kuno di Batu dan Malang menjadi daya tarik tersendiri bagi pariwisata. Tak hanya itu, kehadiran aneka mobil kuno juga menjadi hiburan bagi masyarakat.

Interior Mobil Kuno
(Interior salah satu mobil kuno yang masih terawat apik. Image : Ist)

Berbagai mobil antik berusia lebih dari setengah abad yang diproduksi dari berbagai negara menjadi suguhan langka. Kendaraan tertua adalah jenis Perang Dunia I, produksi di bawah tahun 1940, yang antara lain didatangkan dari Jakarta.

Kendaraan muscle car seperti Ford Mustang, yang filmnya tengah tayang di bioskop yakni Ford vs Ferrari, juga ikut meramaikan kegiatan ini. Bagi masyarakat yang ingin melihat lebih dekat dan mengambil foto, dapat hadir di Kantor Walikota Malang, Sabtu, (23/11).