fbpx
Komitmen UB Wujudkan Studi Halal Tuai Dukungan
Malanginspirasi.com, Gedung Samanta Krida – Komitmen Universitas Brawijaya untuk mewujudkan studi halal mendapat banyak dukungan. Tak hanya dari Walikota Malang, namun juga dari Wakil Presiden, Ma’ruf Amin.

Universitas Brawijaya Malang saat ini bertekad menjadikan studi halal menjadi Center of Excellence yakni pusat-pusat pertumbuhan studi tentang halal.

Tak semata menyangkut material, namun banyak aspek yang mengiringinya. Beberapa di antaranya adalah teknologi yang berbasis proses produksi halal, gizi dan kesehatan, penguatan regulasi halal, pengembangan ekonomi halal yang didukung keuangan Islam, pariwisata dan media halal, serta pengembangan literasi dan penguatan masyarakat.

Selain itu, UB juga bertekad memelopori penciptaan tenaga handal yang memiliki pengetahuan dan keterampilan memajukan industri halal dari jenjang S1. Serta menggalakkan forum-forum ilmiah yang mengkaji secara rutin perkembangan ekosistem halal. Salah satunya dengan mengadakan International Halal Festival setiap tahun.

Komitmen UB ini mendapat banyak apresiasi. Salah satunya dari orang nomor dua di republik, Wapres Ma’ruf Amin.

Saat membuka International Halal & Thayyib Conference 2019 di Gedung Samanta Krida, Rabu, (27/11f), Wapres mengatakan pasar halal dunia memiliki potensi yang sangat besar. Pada 2017 lalu, produk pasar halal dunia mencapai 2,1 triliun US Dollar dan diprediksi akan berkembang menjadi 3 triliun US Dollar pada 2023.

“Kita harus dapat memanfaatkan potensi pasar halal dunia ini dengan meningkatkan ekspor kita yang saat ini baru berkisar 3,8 persen dari total pasar halal dunia,” jelas Ma’ruf.

Wapres Ma'ruf Amin Dukung Studi Halal
(Wakil Presiden Ma’ruf Amin mendukung upaya UB mewujudkan studi halal saat berkunjung ke Malang, Rabu (27/11). Image : Ist)

Baca Juga : Kota Malang Terima 2 Penghargaan di Bidang Pariwisata

Karena itu ia menegaskan konferensi internasional semacam ini merupakan acara yang sangat penting. Terutama untuk mempromosikan industri halal di Indonesia; termasuk juga salah satu bentuk nyata dari upaya untuk dukung pengembangan ekonomi dan keuangan syariah.

Sementara itu, Walikota Malang tak ketinggalan memberikan apresiasi. Menurutnya, apa yang dilakukan UB sejalan dengan misi Kota Malang untuk mewujudkan Malang sebagai Kota Wisata Halal.

“Halal di seluruh lini kehidupan di Kota Malang akan menjadi target pembangunan kita yang secara perlahan tapi pasti akan kita wujudkan bersama,” ujar Sutiaji.