fbpx
Sosialisasi Saber Pungli
Malanginspirasi.com, Blimbing – Untuk memberantas tindak pidana korupsi sekaligus aksi pungutan liar (pungli) yang merugikan masyarakat, Pemerintah Kota Malang melalui Inspektorat Kota Malang menggelar Sosialisasi Saber (Sapu Bersih) Pungli Bagi Ketua RW di Wilayah Kota Malang. Acara dihelat Senin, (25/11), di Hotel Atria Malang.

Dalam sosialisasi Saber Pungli tersebut, Walikota Malang, Sutiaji, memberi arahan sekaligus membukanya secara resmi. Ia mengatakan Ketua RW (Rukun Warga) adalah ujung tombak pelaksanaan pemerintahan di tingkat masyarakat terbawah setelah RT (Rukun Tetangga).

“Ketua RW menjadi perpanjangan tangan dari Pemerintah Kota Malang untuk memberikan pelayanan administrasi kepada masyarakat. Sehingga kehadirannya sangat penting bagi kami untuk dapat menjalankan roda pemerintahan,” ujar Sutiaji.

Walikota menyampaikan, untuk mewujudkan sistem pelayanan yang baik pada masyarakat dan menghindari terjadinya pungli, maka ke depan segala pelayanan akan dilakukan secara digital. Dengan sistem yang seba digital akan meminimalisir terjadinya kontak langsung antara aparat pelayanan masyarakat dengan mereka yang dilayani. Dengan demikian pungli akan dapat dihindari.

“Sebetulnya pungli itu terjadi karena birokrasi yang ruwet. Sehingga penyederhanaan proses birokrasi juga kami lakukan agar pelayanan kepada masyarakat menjadi lebih cepat dan mudah,” ungkapnya.

Baca Juga : Tingkatkan Kinerja ASN, Dinas Kominfo Gelar Sosialisasi E-Suradi

Pada sosialisasi Saber Pungli tersebut, Sutiaji juga berpesan agar Ketua RW yang hadir dapat menyampaikan hasilnya kepada para Ketua RT yang ada di lingkungannya masing-masing.

Ia berharap, melalui sosialisasi di tingkat pemerintahan terbawah nantinya akan membawa pencerahan secara merata kepada seluruh lapisan masyarakat tentang pengertian pungli.