fbpx
Aman, Stok BBM di Malang untuk Natal dan Tahun Baru
Malanginspirasi.com, Sukun – Ketersediaan Bahan Bakar Minyak (BBM) bagi kendaraan bermotor di kota Malang dipastikan aman hingga Natal dan Tahun Baru (Nataru). Hal tersebut disampaikan Walikota Malang, Sutiaji, ketika melakukan pemantauan ketersediaan BBM di Terminal BBM Malang di Halmahera, Sukun, Rabu (11/12).

Pemantauan stok BBM dilakukan bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Malang diantaranya Kabag Perekonomian, Kepala Dinas Perdagangan, Kepala Bank BI, Kepala BPS.

“Tadi kami sudah mendapatkan penjelasan dari pihak Pertamina. Mereka menjamin stok BBM untuk momen Nataru 2019 aman,” sebut Sutiaji.

Termasuk juga penyediaan SPBU Modular untuk mengantispasi kendaran yang melintas di jalan tol Malang-Surabaya, dimana memang belum terdapat SPBU.

Sementara itu, Sales Area Manager Retail Malang, Gustiar Widodo, mengaku pihaknya telah menyiapkan penambahan BBM sebanyak 3-5 persen untuk Nataru.

“Biasanya untuk wilayah Malang raya kami menyediakan 2800 kilo liter per harinya. Jadi kalau ada penambahan 3-5 persen berarti bisa sampai 3000 kilo liter per hari yang akan kita tambahkan,” ucapnya.

Mengantisipasi kemungkinan kelangkaan BBM, pihaknya bisa mendapatkan suplai BBM dari depo Surabaya, Banyuwangi maupun Kediri.

Rapat Pemantauan Stok BBM di Malang
(Rapat pemantauan Stok BBM untuk Natal dan Tahun Baru antara Walikota Malang, Sutiaji, beserta jajarannya dengan pihak Pertamina. Image : ANC/Malang Inspirasi)

Baca Juga : Pemkot Malang Raih Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik Tingkat Provinsi

Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan BBM masyarakat yang melintas di jalan tol dari SBY ke arah Malang, Pertamina telah menyiapkan SPBU Modular di KM66. ,

“Pada saat tol itu dibuka memang ada permintaan dari masyarakat untuk dibukakan SPBU sementara di sana. Jadi mulai hari ini kita sudah mulai proses pemasangan. Diharapkan minggu depan sudah mulai beroperasi,” terangnya.

Nantinya, ia menambahkan, produknya ada dua yaitu pertamax dan pertamina dex.

Gustiar Widodo
(Sales Area Manager Retail Malang, Gustiar Widodo.)

Menurut Gustiar, pihaknya juga akan menyiapkan tiga mobil storage untuk menjamin ketersediaan BBM bagi kendaraan yang menuju kota Batu sebagai tujuan wisata.

“Kami sudah mempersiapkan tiga mobile storage untuk perjalanan Malang sampai ke kota Batu. Yaitu ada di SPBU yang terletak di Karangploso, dan dua lagi ada di SPBU di kota Batu,” ungkapnya.

Harapannya nanti bisa mengkover pada saat lalu lintasnya stag (macet) oleh mobil mobile storage yang di standbykan di SPBU tersebut, pungkasnya.