Global Wakaf-ACT Hadirkan Program Lumbung Air Minum Wakaf Gratis

  • Whatsapp
Global Wakaf-ACT Hadirkan Program Lumbung Air Minum Wakaf Gratis
(Penyerahan air minum wakaf secara simbolis oleh Bupati Malang, Sanusi, saat peluncuran lumbung air minum wakaf yang digagas Global Wakaf-ACT, Rabu (18/12). Foto : ANC/Malang Inspirasi)
Malanginspirasi.com, Singosari – Mengatasi persoalan kemiskinan khususnya ketersediaan air bersih untuk konsumsi, Global Wakaf bersama Aksi Cepat Tanggap (ACT) menghadirkan program lumbung air wakaf air minum wakaf gratis kepada masyarakat yang membutuhkan. Sebanyak 100 ribu karton air minum wakaf  siap dibagikan secara gratis setiap bulannya.

Presiden ACT, Ahyudin, menjelaskan bahwasannya program lumbung air wakaf, air minum wakaf gratis merupakan bagian dari agenda besar global wakaf dan ACT untuk menangani kemiskinan.

“Kita harus waspada bahwa masalah air minum ini akan menjadi masalah yang luar biasa ke depannya.  Oleh karena itu kami membuat lumbung-lumbung air bukan cuma di Malang, tapi di 10 provinsi,” ujarnya saat menghadiri launching Lumbung air wakaf air minum wakaf gratis, di komplek pergudangan KL Bliz Hub, Singosari, Rabu (18/12).

Read More

Program ini diberi nama lumbung air wakaf karena lumbung air tersebut didanai oleh dana wakaf dari umat, imbuhnya.

Menurutnya, pada tahap awal akan distribusikan 100 ribu karton air wakaf yang disalurkan secara gratis ke Masjid, pesantren, madrasah dan tempat-tempat kegiatan keagamaan.

PresidenACT, Ahyudin
(Presiden Aksi Cepat Tanggap (ACT), Ahyudin. Foto : ANC/Malang Inspirasi)

“Rencananya, kami akan memasang 5 ribu display air minum wakaf gratis di 5 ribu titik, yang meliputi masjid, madrasah, maupun pesantren. Setiap displai berisi seribu botol air minum wakaf gratis,” jelas Ahyudin.

Baca Juga : Humanity Food Truck ACT, Bagikan 500 Porsi Makanan Gratis ke Jamaah Masjid Manarul Islam

Saat ini setidaknya sudah ada beberapa sumber mata air yang dimiliki. Diantaranya di Pasuruan,  Sukabumi,  Cirebon dan Bandung.

Kedepan, ia berharap agar lebih banyak lagi umat Islam yang dermawan untuk berwakaf sehingga akan makin banyak mata air yang dikelola oleh global wakaf. Serta pendistribusiannya lebih luas lagi termasuk menjangkau keluarga prasejahtera di Indonesia.

“Target kami dalam tahun ini kita bisa memiliki 10 instalasi air wakaf di 10 provinsi. Karena saya yakin ini akan menjadi mesin yang hebat untuk mengentaskan kemiskinan,” ucapnya.

Baca Juga : Atasi Stunting, Pemkab Malang Kerahkan OPD Jadi Bapak atau Ibu Asuh

Sementara itu, Bupati Malang, H. M. Sanusi, yang hadir pada acara tersebut mengaku sangat berterimakasih dengan hadirnya program lumbung air wakaf. Menurutnya manfaat dari program tersebut saat ini sudah dirasakan oleh masyarakat Malang khususnya daerah yang mengalami kekeringan.

“Jadi ketika di daerah Malang Selatan belum turun hujan, air wakaf dari ACT ini sudah sampai ke sana,” kata Bupati.

Pemberangkatan Distribusi Air Wakaf
(Pemberangkatan pendistribusian air wakaf ke berbagai tempat kegiatan keagamaan. Foto : ANC/Malang Inspirasi)

Disampaikan Sanusi, nantinya akan ada kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Malang dengan ACT untuk pendistribusian air minum. Khususnya di daerah yang mengalami kekeringan dan terdapat stunting.

“Saat ini Kabupaten Malang sedang dilanda stunting, dimana salah satu penyebabnya karena kekurangan air.  Sehingga bantuan ini sangat tepat dan diharapkan bisa mengurangi angka stunting di kabupaten Malang,” tandas Bupati.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *