fbpx
Pelatihan Budidaya Ikan di UMM
Malanginspirasi.com. UMM – Bertempat di laboratorium perikanan UMM, akhir pekan lalu digelar fisheries training for youth aquaculturist. Pelatihan budidaya ikan bagi anak muda ini diinsiasi oleh Jurusan Ilmu Perikanan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Pelatihan budidaya ikan yang diikuti anak-anak muda yang masih duduk dibangku SMA/SMK/MA ini berlangsung menyenangkan, padat materi dan banyak pengetahuan. Dengan didukung fasilitas memadai di laboratorium perikanan UMM, generasi milenial dari berbagai daerah di Jatim ini diajari cara termutakhir pengembangan budidaya perikanan.

Manajer Fishedupark UMM, Riza Rahman Hakim mengungkapkan kegiatan ini merupakan bagian dari peringatan Milad UMM ke 55. Kegiatan merupakan bentuk sumbangsih nyata kepada masyarakat terutama anak anak muda agar berani sejak dini terjun di dunia perikanan dan ketahanan pangan.

“Kami berharap dengan menggelar kegiatan ini ke depan banyak tercipta anak anak muda  yang berwawasan luas. Berani melangkah dan memiliki bekal pengetahuan yang memadai untuk bisa bergelut di bidang  perikanan,’  jelas Riza.

Mengikuti Pelatihan dengan Antusias
(Para siswa mengikuti materi pelatihan yang diberikan dengan antusias. Image : Ist/Malang Inspirasi)

Baca Juga : Siswi MTsN1 Malang Manfaatkan Ganyong dan Bayam Jadi Beras Analog LOGAN

Kegiatan dibimbing langsung oleh para pakar perikanan dari kampus UMM. Dari kegiatan ini UMM ingin juga berperan mengambil langkah nyata untuk memunculkan entrepreneur-entrepreneur muda dibidang ketahanan pangan melalui usaha di bidang perikanan.

Berbagai materi yang diberikan dalam kegiatan ini antara lain aquaponik (integrasi budidaya ikan dan tanaman), cara pembenihan ikan yang baik (CPIB), teknik menghasilkan anak ikan betina semua (Ginogenesis), tehnik merubah jenis kelamin ikan (sex reversal).

Dikenalkan Berbagai Metode Budidaya Ikan Modern
(Para siswa dikenalkan berbagai metode termutakhir budidaya ikan. Image : Ist/Malang Inspirasi)

Kegiatan diikuti peserta dari berbagai daerah di Jatim. Di antaranya dari Pacitan, Tulunggung, Ngajuk, Situbondo, Jombang, Batu dan Malang.