Kabupaten Bandung Minati Kerjasama Ekonomi Kreatif dengan Kota Malang

  • Whatsapp
Kabupaten Bandung Minati Kerjasama Ekonomi Kreatif dengan Kota Malang
(Bupati Kabupaten Bandung, Dadang M. Nasir, dan Walikota Malang, Sutiaji. Kedua daerah tengah menjajaki kerjasama pengembangan UMKM dan Ekonomi Kreatif. Image : Ist)
Malanginspirasi.com, GOR Si Jalak Harupat – Era kerjasama antar daerah menjadi poin penting dari pertandingan persahabatan antara Korpri kota Malang dengan Korpri Kabupaten Bandung 30 November s/d 1 Desember, yang digelar di Gedung Olah Raga (GOR) Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung.

Demikian diungkapkan Dadang M. Nasir,  Bupati Bandung saat menyambut Tim Korpri Kota Malang yang dipimpin secara langsung oleh Walikota Malang, Sutiaji yang didampingi Wakil Walikota Malang Sofyan Edi Jarwoko dan Sekkota Wasto. Dalam pertemuan tersebut, ia mencetuskan keinginannya menjalin kerjasama dalam hal ekonomi kreatif dengan Kota Malang.

“Kami berterima kasih atas kehadiran Pemkot Malang. Dan ini luar biasa, karena selama ini kecenderungan kerjasama hanya terbingkai antara Pemerintah Kabupaten (yang tergabung dalam APKABSI, red) dan jarang sekali antara Pemerintah Kabupaten dengan Pemerintah Kota. Karenanya,  kami sambut pertemuan ini,  dan berharap ditingkatkan dalam kerjasama dagang antar dua daerah. Bisa dalam bentuk penguatan transaksi di antara para pelaku UMKM kabupaten Bandung dengan pelaku UMKM kota Malang,” ujar Dadang M. Nasir.

Read More

Diungkapkan pula oleh Bupati Bandung yang telah memasuki dua periode kepemimpinannya tersebut,  salah satu potensi kuat yang ingin “ditiru” Kabupaten Bandung adalah kekuatan ekonomi kreatif Kota Malang.

Baca Juga : Workshop Literasi Keuangan untuk Tingkatkan Potensi UMKM

Merespon apa yang diutarakan Bupati Bandung, Walikota Malang Sutiaji membuka diri untuk penguatan kerjasama lebih lanjut.

“Apalagi Bapak Bupati juga menginfokan pengembangan kampung kampung tematik. Ini pas dan memiliki kemiripan sehingga konsep kerjasama antar daerah sangatlah realitistis. Dan tentu apa yang disampaikan (pentingnya hubungan kelembagaan APKABSI dan APEKSI, red) akan saya teruskan pula dalam forum rapat APEKSI,” tuturnya.

Pihaknya, lanjut Sutiaji, akan mendorong menjadi isu strategis hubungan dan kerjasama antar daerah. Dengan demikian putaran uang dan ekonomi terus bisa bergerak secara sistemik.

Sutiaji Bulutangkis
(Untuk mencairkan suasana pertemuan antara kedua daerah, Walikota Sutiaji pun menyempatkan bermain bulutangkis melawan tim Kabupaten Bandung. Image : Ist)

Pertemuan dua daerah makin semarak karena dua pemimpinnya juga langsung turun bertanding. Diawali dengan tenis meja antara Bupati Dadang dan Walikota Sutiaji. Kemudian berlanjut di nomor ganda Bupati Dadang yang berpasangan dengan Kadisbudpar Bandung melawan pasangan Wawali Sofyan Edi Jarwoko dengan Sekdin Naker kota Malang, Hengki.

Bupati Dadang memenangkan pertandingan di tenis meja. Namun di bulutangkis, gantian Walikota Sutiaji yang unggul, meski lawan yang dihadapi adalah atlet andalan Korpri Kabupaten Bandung.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *