fbpx
Malang Siap Jadi Lokasi Pengembangan Pabrik Bio Solar Berbahan Kelapa Sawit
Malanginspirasi.com, Singosari – Bupati Malang, Drs. H. M. Sanusi, M.M, mengaku siap jika di wilayah kabupaten Malang, khususnya Malang Selatan, dijadikan sebagai tempat untuk pengembangan pabrik bio solar dan bio premium berbahan baku kelapa sawit yang merupakan program dari pemerintah pusat.

Sanusi menjelaskan, saat dirinya menghadiri rapat koordinasi di Surabaya yang juga menghadirkan Menko Perekonomian pada saat itu, Darmin Nasution, salah satunya membahas terkait pengembangan pabrik bio solar dengan bahan baku kelapa sawit.

“Di acara tersebut pak Menko perekonomian menanyakan kira-kira daerah mana yang siap untuk dijadikan tempat pengembangan bio solar? Saya langsung bilang bahwa Kabupaten Malang siap,” ujarnya usai menghadiri acara Launching Lumbung Air Wakaf dan Air Minum Wakaf Gratis yang digelar Aksi Cepat Tanggap (ACT) di komplek Pergudangan KL Bliz Hub, Kecamatan Singosari, Rabu (18/12).

Terkait luasan lahan yang rencananya akan digunakan nanti, Sanusi mengaku belum tahu berapa lahan hektar yang akan digunakan karena masih dalam kajian.

“Belum tahu karena masih dikaji. Tapi yang penting kami sudah menyediakan lahan 200 hektar di daerah pantai Malang Selatan yang jika Pak Menteri berkenan, bisa mendirikan pabrik bio solar itu di wilayah selatan antara Kecamatan Kalipare dan Pagak. Tergantung nanti studi kelayakan yang ditentukan oleh kementerian,” tuturnya.

Baca Juga : 7 Komoditas Perkebunan Jadi Prioritas Peningkatan Ekspor

Jika nanti program tersebut jadi, masyarakat sudah disiapkan melalui pelaksanaan studi replikasi dengan mengajak camat mulai dari Ampelgading sampai Kalipare ke Labuhanbatu.

“Disana kita di bawa ke pabrik pengolahan sawit. Dan memang di sana, Labuhanbatu, dalam satu kabupaten ditanami sawit semua,” ungkapnya.