Ratusan Mahasiswa FKUB Ikuti Seminar Socio and Political Entrepreneurship for Better Future

  • Whatsapp
Pemateri di Seminar Socio & Political Entrepreneurship for Better Future
(Salah satu pemateri di seminar “Socio and Political Entrepreneurship for Better Future”, dosen FKUB sekaligus motivator, dr. Arief Alamsyah,MARS. Foto : ANC/Malang Inspirasi)
Malanginspirasi.com, UB – Mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Brawijaya (UB) tidak hanya dituntut untuk menjadi seorang dokter yang profesional, tetapi juga menjadi seorang dokter yang berkepribadian wirausaha sosial agar bisa memberikan manfaat lebih kepada masyarakat.

Hal tersebut diangkat dalam seminar bertajuk “Socio and Political Entrepreneurship for Better Future” di Graha Medika FK UB, Jumat (20/12). Seminar diikuti sekitar 200 mahasiswa dari Jurusan Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya angkatan 2018 semester 3..

Dosen koordinator entrepreneur FK UB, Wike Astrid Cahayani, menjelaskan bahwa sebenarnya acara seminar tersebut merupakan bagian dari pembelajaran entrepreneurship di FK UB.

“Jadi ini adalah acara penutupan dari serangkaian acara yang sudah kami gelar selain perkuliahan. Kemarin adik-adik mahasiswa juga sempat ada acara pameran batik hasil karya mahasiswa. Kemudian ditutup dengan acara diskusi panel yang bertemakan politikal sosial entrepreneur,” ujar Wike.

Wike Astrid Cahayani
(Dosen Koordinator Entrepreneur FK UB, Wike Astrid Cahayani)

Menurutnya, tema tersebut sengaja diambil karena secara umum sesuai dengan visi di kedokteran, yakni sociopreneur atau entrepreneur di bidang sosial.

“Kami ingin menghasilkan mahasiswa menjadi seorang dokter yang berkepribadian berwirausaha sosial. Jadi bisa memberikan manfaat yang lebih banyak bagi masyarakat,” tuturnya.

Lebih lanjut disampaikan Wike, hadir sebagai pemateri diantaranya dosen FEB UB penggagas UMKM Jagoan (Dias Satria), Wakil Walikota Jambi (Dr.dr.Maulana,MKM), dosen FKUB sekaligus motivator (dr. Arief Alamsyah,MARS).

Baca Juga : Maksimalkan Jaringan Medsos untuk Perluas Branding Produk Bisnis

Pembicara pertama adalah Dias Satria dari Fakultas Ekonomi Bisnis. Dias yang juga merupakan salah satu penggagas UMKM Jagoan, memberikan materi terkait wirausaha, khususnya cara membranding sebuah produk.

Suasana Seminar
(Suasana dalam seminar “Socio and Political Entrepreneurship for Better Future” yang diikuti ratusan mahasiswa FK UB. Foto : ANC/Malang Inspirasi)

“Jadi beliau sangat berkompeten sekali di bidang ekonomi. Sehingga harapan kami beliau bisa memberikan pengembangan di bidang sosiopreneur dan inklusif development. Ini agar para mahasiswa mendapatkan semangat dan motivasi bagaimana caranya berwirausaha sosial ditengah kebutuhan masyarakat,” terangnya.

Dr.dr.Maulana,MKM dihadirkan sebagai pemateri kedua untuk memberikan materi kepemimpinan dan wacana yang berbeda kebijakan politik tentang kesehatan bagi mahasiswa.

Wakil Walikota Jambi, Dr.dr. Maulana,MKM
(Seminar juga dihadiri Wakil Walikota Jambi, Dr.dr. Maulana,MKM, yang memberikan materi terkait kepemimpinan dan kebijakan tentang kesehatan di seminar. Foto : ANC/Malang Inspirasi)

Pembicara ketiga, dr.Arief Alamsyah selaku dosen FKUB sekaligus motivator diharapkan bisa memberikan semangat juga motivasi agar mahasiswa lebih bisa menata cita-cita dan masa depan.

“Selain ketercapaian dari segi pembelajaran entrepreneur di FK, juga mahasiswa ini lebih punya value apa yang akan dicapai kedepannya. Jadi tidak hanya sekedar lulus dengan angka tinggi tetapi mereka bisa menjadi dokter yang berkepribadian unggul yang nantinya bermanfaat untuk masyarakat luas,” pungkas Wike.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *