Malanginspirasi.com, Sawojajar – Sampah plastik yang biasanya menjadi masalah lingkungan bagi masyarakat, ternyata bisa diolah menjadi barang yang bermanfaat. Di tangan Heru Purnomo, warga Kelurahan Sawojajar, sampah plastik ini diolah menjadi balok bahan bangunan.

Balok bahan bangunan buatan Heru bisa dibuat menjadi berbagai macam barang yang sangat berguna dan dibutuhkan. Mulai dari membuat bergola taman, kerangka green house, maupun pengganti kayu untuk bangunan.

Heru Purnomo mengungkapkan setelah melakukan penelitian panjang dan aneka percobaan, saat ini sudah berhasil membuat balok plastik dari sampah yang bisa dijadikan pengganti kayu bangunan. Dengan pengolahan yang baik balok kayu yang dibuat dari sampah plastik bisa bertahan sampai 50 tahun.

“Yang pasti balok plastik buatan saya bisa awet sebab rayap tidak mau memakannya. Selain itu, lingkungan juga menjadi lebih bersih,” jelas Heru, Senin (9/12).

Sarjana teknik ini menceritakan semua plastik yang ada bisa dimanfaatkan dan dicetak menjadi balok pengganti kayu. Dengan mengolah sampah plastik menjadi balok juga bisa mengurangi terjadinya pembalakan liar karena untuk membuat bangunan orang tidak perlu menebang kayu.

“Saya berharap temuan saya yang baru ada pertama kalinya di dunia ini bisa menjadi inspirasi agar ke depan orang tidak membuang sampah sembarangan lagi,” ujar warga Jl. Danau Singkarak III-E1H1, Kel Lesanpuro, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, ini.

Baca Juga : Peduli Lingkungan dengan Sedekah Jelantah

Meski belum lama dibuat, Heru mengatakan saat ini sudah banyak mendapatkan pesanan untuk membuat balok dari sampah plastik. Namun dari sekian banyak pesanan yang masuk baru sedikit yang bisa dipenuhi.

“Rencananya bulan Januari 2020 saya sudah mulai menjual balok bangunan dari plastik. Doakan semuanya bisa berjalan lancar,” ujar Heru.

Dengan pengalaman mencari sampah plastik langsung ke pemulung pemulung, Heru bercita-cita suatu ketika dapat membangunkan rumah untuk pemulung dengan memanfaatkan bahan dari sampah plastik.