fbpx
Muscab ASPPI DPC Malang Raya
Malanginspirasi.com, Hotel Atria – Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) DPC Malang Raya menggelar Musyawarah Cabang II untuk memilih ketua baru masa jabatan 2020-2024, Kamis (16/1). Dalam gelaran Muscab di Hotel Atria tersebut, diusung tema “ASPPI Malang Raya Bersatu Membangun Pariwisata Malang Raya Go Internasional”.

Melalui proses pemilihan suara anggota, Wulandari dari Plankton Tour & Travel, akhirnya terpilih dan dilantik sebagai Ketua ASPPI DPC Malang Raya Periode 2020-2024. Ia menggantikan Ketua ASPPI periode sebelumnya, Reno dari Aisyah Jaya Wisata.

Usai terpilih, wanita yang akrab disapa Wulan tersebut mengatakan, dalam program kerjanya ke depan akan lebih memantapkan lagi kebutuhan dari para anggota ASPPI.

“Yang pasti kita lebih memantapkan lagi kebutuhan anggota dari anggota untuk anggota secara bersinergi. Dan yang paling penting, meski pun berbeda-beda tapi tetap satu frekuensi,” ujarnya usai pelantikan dan penandatanganan pakta integritas.

Menurutnya, ASPPI merupakan organisasi yang berkarakter dimana di dalamnya tidak hanya satu jenis usaha tetapi ada berbagai macam usaha yang tergabung. Mulai dari hotel, travel agen, restoran, oleh-oleh bahkan vendor tempat wisata dan catering.

“Jadi kami memang mengutamakan untuk pengusaha yang berkaitan dengan bidang pariwisata,” tuturnya.

Penandatangan Pakta Integritas
(Penandatangan pakta integritas pengurus ASPPI DPC Malang Raya. Foto : ANC/Malang Inspirasi)

Baca Juga : Sutiaji Harapkan Festival Kios Jadoel Jadi Event Penopang Wisata Kota Malang

Ke depan ASPPI juga akan tetap menjadi mitra yang baik dan terus bersinergi dengan pemerintah daerah, terutama dalam memajukan pariwisata yang ada di wilayah Malang Raya. Bentuk kerjasama ASPPI dengan pemerintah, salah satunya adalah dengan saling mendukung secara informasi.

“Jadi kami dengan pemerintah saling sharing informasi terkait perkembangan pariwisata termasuk membicarakan kendala maupun keluhan yang dirasakan oleh para pelaku pariwisata,” ucapnya.

Lebih lanjut disampaikan Wulan, ASPPI sendiri sebenarnya punya impian besar, yakni diharapkan akan lebih banyak lagi uang yang dibelanjakan para wisatawan domestik maupun mancanegara di Malang Raya.

“Jumlah wisatawan pada tahun 2019 dari data yang ada sekitar 12 juta pengunjung, baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Sedangkan di tahun 2020 dengan didukung oleh program pemerintah maupun swasta dan semakin berkembangnya tempat wisata baru maupun bertambahnya kampung heritage, kami jumlah wisatawan yang berkunjung ke Malang Raya bisa mencapai dua kali lipatnya untuk tahun 2020,” sebutnya.

Harapan besar tersebut didukung juga sarana dan prasarana dari pemerintah, imbuhnya.

Baca Juga : Membangun Kabupaten Malang dengan Agrowisata

Dalam kepengurusan ASPPI DPC Malang Raya Periode 2020-2024, mendampingi Wulandari  (Plankton Tour & Travel) yang terpilih sebagai ketua, Wakil Ketua dijabat Yuyun (Srikandi Tour & Travel), Sekretaris Wahyu (HMC Tour & Travel), dan Bendahara dijabat oleh Ely Arifin (Hotel Atria).

Ketua dan Pengurus ASPPI Malang Raya
(Ketua ASPPI DPC Malang Raya, Wulandari, beserta beberapa pengurus lainnya. Foto : ANC/Malang Inspirasi)

“Untuk pengurus ada 4 dan nanti akan ditambah 2 bidang lagi yaitu bidang umun dan humas. Sedangkan jumlah anggota ASPPI di Malang Raya sebanyak 47 orang,” tandasnya.