fbpx
Berikan Layanan Prima, RSU UMM Hadirkan Tiga Pelayanan Kesehatan Baru
Malanginspirasi.com, RSU UMM – Rumah Sakit Umum Universitas Muhammadiyah Malang (RSU UMM)  terus berupaya memberikan pelayanan kesehatan yang prima kepada masyarakat. Hal tersebut dibuktikan dengan menambah tiga pelayanan kesehatan sekaligus di awal tahun 2020.

“Hari ini RSU UMM melaunching tiga pelayanan kesehatan yang baru yaitu pelayanan Geriatri atau lansia, pelayanan Pusat Vaksin, dan pelayanan Ambulan Gawat Darurat (AGD),” jelas Direktur RSU UMM, Prof Dr dr Djoni Djunaedi, SpPD-KPTI, saat memberikan sambutan Grand Opening tiga pelayanan tersebut di aula RSU UMM, Selasa (21/1).

Disampaikan Djoni, pasien yang termasuk Geriatri adalah mereka yang usianya sudah lebih dari 60 tahun. Melalui pelayanan Geriatri tersebut, nantinya para lansia bisa mendapatkan prioritas pelayanan kesehatan lebih dulu.

“Mekanismenya pada saat pasien mengambil nomer antrian. Apabila usia pasien lebih dari 60 tahun, maka secara otomatis akan muncul huruf G pada kertas nomer antrian. Kemudian di loket pendaftaran, pasien akan diberikan kalung warna hijau bertuliskan ‘Sobat Geriatri’ yang wajib digunakan oleh pasien agar mendapatkan prioritas pelayanan,” terangnya.

Baca Juga : Wawali Edi Jarwoko Tekankan Pentingnya Derajad Kesehatan Lansia

Sedangkan pusat vaksinasi merupakan layanan baru untuk memberikan vaksinasi bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan internasional maupun vaksinasi secara rutin.

“RSU UMM melayani pemberian beberapa vaksin diantaranya vaksin Miningitis yang di peruntukan kepada masyarakat yang akan menjalankan perjalan haji atau umroh maupun masyarakat yang akan berwisata ke daerah Arab Saudi. Selain itu juga layanan vaksin hepatitis B, influenza dan polio,” sebutnya.

Untuk diketahui, RSU UMM sudah disurvei dan dinyatakan lulus dalam pelayanan vaksin.

Direktur RSU UMM
(Direktur RSU UMM, Prof Dr dr Djoni Djunaedi, SpPD-KPTI. Foto : ANC/Malang Inspirasi)

Dalam pemenuhan layanan pusat vaksinasi, RS UMM didukung oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Probolinggo, yang berperan dalam cegah tangkal penyakit dari maupun yang akan keluar negeri.

Kepala kantor KKP Probolinggo,  FX Agus Budiyono, SKM, MKes., menyebutkan, saat ini di Jawa Timur sendiri baru ada 2 KKP, yakni di Surabaya dan Probolinggo, yang membawahi 15 kota/kabupaten, termasuk Malang dimana UMM masuk didalamnya.

“Keterlibatan RSU UMM yang membuka layanan pusat vaksinasi internasional tentu akan sangat membantu tugas KKP. Karena selama lima tahun terakhir, terjadi peningkatan jumlah jama’ah umroh dan haji sekitar 20 persen tiap tahunnya,” ujar Agus. .

Dengan peningkatan jumlah tersebut, tentunya pemberian vaksin tidak akan terlayani dengan baik jika hanya terpusat di kantor pelayanan kesehatan, imbuhnya.

Baca Juga : Pemkot Malang Pertahankan Predikat Swasti Saba Wistara Sebagai Kota Sehat

Selanjutnya, RSU UMM juga telah menyediakan  Ambulans Gawat Darurat (AGD) untuk menjangkau masyarakat yang membutuhkan layanan kegawatdaruratan.

Ambulance AGD sendiri beroperasi selama 7×24 jam. Artinya AGD RSU UMM beroperasi setiap hari.

“Saat ini setidaknya sudah tersedia 6 unit ambulance yang siap melayani masyarakat selama 24 jam. Bila menemui kecelakaan di jalan atau orang sakit yang harus segera membutuhkan pertolongan bisa langsung menghubungi Call Center AGD di nomer  082 123 123 119,” jelas Humas RSU UMM, dr Viva Maiga M.N, MMRS.

AGD RSU UMM juga siap merespon pasien yang membutuhkan pertolongan awal maupun pertolongan lanjutan.