fbpx
Berpakaian Daerah, Wawali Resmikan Gedung Laboratorium Baru SMA Kertanegara Malang
Malanginspirasi.com, Lowokwaru – Bertempat di Jalan Cengger Ayam 1/5, Kelurahan Tulusrejo, Kecamatan Lowokwaru pada hari Kamis (23/01) dilaksanakan peresmian Gedung Laboratorium Baru SMA Kertanegara Malang.

Gedung tersebut diresmikan langsung oleh Wakil Walikota Malang, Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko dan turut hadir mendampingi Camat Lowokwaru, pengurus yayasan, guru dan pengawas sekolah. Peresmian Gedung Laboratorium baru ini bersamaan dengan Milad ke-35 SMA Kertanegara Malang Tahun 2020.

Wawali menyampaikan ada yang berbeda hari ini karena ia memakai pakaian khas daerah karena Walikota Malang baru saja mengeluarkan surat edaran No 78 tahun 2020 tentang penggunaan pakaian khas daerah setiap hari Kamis.

Ia menambahkan bahwa makna dari surat edaran tersebut sangatlah besar dan menghimbau agar mulai hari Kamis minggu depan SMA Kertanegara mengikutinya.

“Bangsa Indonesia ialah bangsa yang besar dan ruhnya adalah kita. Kita bisa saja kehilangan ruhnya budaya kita, kehilangan jati diri. Makanya di Malang diawali dengan pendidikan karakter dari anak SD. Karena ini adalah hal yang mendasar, maka ini untuk membangkitkan kembali nilai-nilai luhur yang dimiliki oleh bangsa Indonesia dan itu adalah warisan termewah,” ujar Bung Edi, sapaan akrab Wawali Malang.

Baca Juga : Pakaian Khas Daerah ASN Semarakkan Apel Pagi di Balai Kota

Selanjutnya ia juga menjelaskan wujud dari kegiatan pemerintahan, ruhnya ada pada pengabdian kepada masyarakat. Dengan adanya surat edaran tersebut, ia mengajak masyarakat untuk berbusana budaya tradisional.

Tak lupa ia menyampaikan bahwa Malang bisa dikenal sebagai kota pendidikan sampai seperti hari ini butuh waktu lama.

“Membangun pendidikan yang berkualitas itu Insya Allah (terus diupayakan, red). Tetapi membangun ekosistem itu butuh waktu yang lama, pemerintahnya peduli, warganya peduli, gurunya, muridnya juga,” tandas Wawali.