fbpx
Skuter Listrik TVS iQube
Malanginspirasi.com – Persaingan skuter matik bakal kian sengit dengan diluncurkannya TVS iQube. Skuter listrik buatan India itu dibandrol Rp 22 jutaan atau setara dengan Honda Vario keluaran terbaru.

Keistimewaan skuter listrik TVS iQube dibanding kompetitornya adalah fitur-fitur canggih yang melengkapinya. Selain motor hub 4,4 kW sebagai penggeraknya, iQube diklaim mampu menempuh jarak 75 km dalam kondisi baterai penuh. Untuk kecepatannya dapat digeber hingga 78 km/jam dan memiliki 2 mode berkendara, yakni ekonomis dan power.

TVS iQube juga dilengkapi dengan fitur park assist (gigi mundur) untuk kenyamanan penggunanya.

Fitur canggih lainnya dari TVS iQube adalah adanya smart ride statistics, indikator jarak, status baterai, over speed alert, bantuan navigasi, notifikasi panggilan atau pesan masuk ke smartphone, dan masih banyak lagi.

Namun yang paling hebat, motor listrik produksi manufaktur India ini adalah platform Smartxonnect, fitur koneksi smartphone penggunanya melalui aplikasi TVS iQube. Hal ini akan memudahkan pemilik kendaraan mengetahui kondisi motornya.

Fitur Navigasi iQube
(Fitur navigasi di skuter listrik iQube. Foto : Ist)

Sementara untuk tampilan fisiknya, skuter listrik ini menggunakan lampu jenis LED seluruhnya. Baik itu lampu utama, daytime running, lampu sein hingga lampu belakang.

Desain iQube sendiri sangat sederhana, hanya tersedia warna putih dengan sedikit sentuhan warna hitam dan menggunakan velg 12 inci. Target konsumennya menyasar berbagai kelompok usia.

Saat rilis ke media akhir pekan lalu, skuter listrik pertama dari TVS ini dinyatakan sebagai hasil studi selama 2 tahun. iQube rencananya akan diproduksi sebanyak 1.000 unit setiap bulannya. Seluruh komponennya dirancang di India baik teknologi, software, baterai hingga programnya.

Meski belum ada keterangan resmi kapan mulai dipasarkan di Indonesia, namun diperkirakan tak lama lagi skuter listrik ini akan mengaspal di sini. Apalagi Indonesia masih merupakan market menggiurkan untuk kendaraan bermotor, khususnya roda dua.