fbpx
DJP Jatim III Optimis Capai Target Penerimaan Pajak Rp 38,66 Triliun di Tahun 2020
Malanginspirasi.com, Ijen – Di tahun 2020, Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Timur III ditargetkan mampu melakukan penerimaan pajak sebesar Rp 38,66 triliun. Angka tersebut tumbuh 6,78 persen dari target tahun 2019 dan naik 24,88 persen dari realisasi tahun 2019.

Meski bukan tugas yang mudah, namun Kepala Kanwil DJP Jatim III yang baru, Agustin Vita Avantin, optimis mampu memenuhi target penerimaan pajak tersebut.

“Target ini merupakan sebuah tantangan. Makanya kami tidak berpikir jauh bagaimana kita bisa meraih target Rp 38 triliun pada tahun 2020. Tapi kami melihat setiap bulan target kami bisa tumbuh dua persen,” tuturnya saat menghadiri acara Media Gathering di Latar Ijen, Senin malam (27/1).

“Kami melihatnya sedikit-sedikit setiap bulan harus ada pertumbuhan dari kemarin. Karena kalau tidak maka kami akan berat untuk mencapai target penerimaan pajak di tahun 2020,” imbuhnya.

Menurutnya, beberapa upaya yang bisa dilakukannya untuk mencapai target tersebut yakni dengan terus melakukan kerjasama dengan instansi terkait. Misalnya, dengan Bea cukai terkait cukai rokok. Termasuk juga dengan anggaran, bagaimana dia mendistribusikan uang pemerintah itu ke mana saja, ke proyek apa saja. Hal-hal tersebut pihaknya akan terus mengikuti.

Baca Juga : DJP Jatim III Siap Jalin Kerjasama yang Baik dengan Media

“Upaya selanjutnya dari sektor swasta kami memang harus lebih banyak memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya pajak bagi pembangunan. Sehingga mereka bisa menjadi wajib pajak yang taat (bayar) pajak,” ujarnya.

Lebih lanjut Agustin menjelaskan, Direktorat Jenderal Pajak sebagai bagian dari institusi Kementerian Keuangan menjadi tulang punggung perekonomian nasional. Target penerimaan pajak yang meningkat setiap tahunnya menjadi tantangan tersendiri dalam usaha mewujudkan kepatuhan wajib pajak baik melalui edukasi, penyediaan pelayanan prima, pembimbingan, pengawasan maupun upaya penegakan hukum.

“Berbagai upaya sepanjang tahun 2019 meliputi sendi nilai-nilai Kementerian Keuangan, yakni penguatan integritas, peningkatan profesionalisme, sinergi dalam lingkup internal dan eksternal. Kemudian perbaikan pelayanan terus menerus dengan melakukan inovasi dan perbaikan di segala bidang demi membangun kepercayaan publik dan kredibilltas institusi perpajakan,” terangnya.

Baca Juga : Studi Tiru Perpajakan Terintegrasi ke Bali untuk Optimalkan Peningkatan PAD

Sementara itu, disebutkan penerimaan pajak DJP Jawa Timur III di tahun 2019 adalah Rp 30,95 triliun atau 85,51 persen dari target penerimaan sebesar Rp. 36,20 triliun.

Total pertumbuhan penerimaan tahun 2019 adalah 4,77 persen. Rasio Wajib Pajak Bayar dan Lapor pada tahun 2019 adalah 71,25 persen. Rasio penyampaian SPT Tahunan tahun 2019 adalah 88,62 persen.