fbpx
DJP Jatim III Siap Jalin Kerjasama yang Baik dengan Media
Malanginspirasi.com, Ijen – Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Timur III yang baru, Agustin Vita Avantin, mengatakan, peran media sangat penting dalam penyampaian berbagai informasi terkait pajak kepada masyarakat. Ia menyatakan pihaknya akan terus menjalin hubungan yang baik sekaligus meningkatkan kerjasama dengan media.

Disampaikan Agustin, salah satu tugas DJP adalah memberikan edukasi maupun sosialisasi bagaimana memberikan pengetahuan kepada masyarakat terkait pentingnya pajak bagi negara.

“Pajak adalah urat nadinya pembangunan dan tulang punggung negara. Karena kalau dilihat di APBN hampir 80 persen dana pembangunan berasal dari pajak. Kalau pajak tidak tercapai maka negara akan kembali berhutang untuk melakukan pembangunan,” ujarnya dalam acara Media Gathering di Latar Ijen, Senin malam, (27/1).

Oleh karenanya informasi yang tepat dan benar yang disampaikan media akan membangun kepercayaan masyarakat bahwa uang yang mereka bayarkan itu betul-betul masuk khas negara yang nanti akan digunakan untuk pembangunan.

“Ketika kepercayaan itu terbangun di masyarakat, melalui teman-teman media, tentunya masyarakat akan memiliki keinginan juga untuk bisa berperan dalam pembangunan. Mereka juga akan ingin membayar pajak seperti yang lainnya,” terangnya.

Foto Bersama Kepala DJP Jatim III dengan Awak Media
(Foto bersama Kepala Kanwil DJP Jatim III dengan awak media. Foto : ANC/Malang Inspirasi)

Baca Juga : Warga Manfaatkan Program Sunset Policy untuk PBB dengan Baik

Ia menambahkan, nantinya masyarakat akan berpikir membayar pajak itu bukan hanya akan menjadi suatu kewajiban. Tetapi adalah hak mereka untuk berkontribusi kepapada negara.

Agustin Vita Avantin
(Kepala Kanwil DJP Jatim III, Agustin Vita Avantin)

Inilah pentingnya peran media yang akan membantu DJP menginformasikan kepada masyarakat bahwa pengumpulan dana melalui pajak itu betul-betul untuk pembangunan yang nantinya akan dinikmati oleh masyarakat banyak.

Menurutnya, jika kerjasama DJP dengan media terjalin dengan baik, maka apapun yang media sampaikan itu akan menjadi kepanjangan tangan DJP Kanwil Jatim III.

“Ke depannya kami berharap agar kerjasama kita ini terus ditingkatkan. Kalau ada apa-apa, tolong diklarifikasi ke kami agar masyarakat tidak bingung. Kami tidak bisa bekerja sendiri tanpa media, karena media yang bisa menginformasikan kepada masyarakat,” pungkasnya.