Kebocoran Pipa Ganggu Layanan Air Bersih Warga Kota Malang

  • Whatsapp
Walikota Tinjau Kebocoran Pipa
(Didampingi, Sekkota Wasto beserta jajaran Direksi Perumda Tugu Tirta, Walikota Malang meninjau langsung lokasi kebocoran pipa di Desa Pulungdowo, Tumpang, Senin malam (13/1). Foto : Ist/Malang Inspirasi)
Malanginspirasi.com, Tumpang – Kebocoran pipa Perumda Tugu Tirta Kota Malang yang berlokasi di Desa Pulungdowo Tumpang Kabupaten Malang berdampak pada pasokan layanan air bersih ke warga. Kondisi (kebocoran) tersebut sempat jadi perhatian warga setempat dan diunggah pada sebuah video sosial media.

Masalah kebocoran pipa tersebut memantik perhatian Walikota Malang, Sutiaji, untuk secara langsung melihat kondisi di lapangan pada Senin malam (13/1).

“Saya melihat secara langsung di lokasi sampai jam 22.45 bahwa ini adalah murni teknis dan sudah direkayasa berkali kali tapi belum ketemu solusi maka kami sudah minta ke Perumda Tugu Tirta untuk mengajukan lagi ke Kementerian PU dan Balai untuk mendapatkan bantuan,” kata Walikota usai monitoring kejadian.

Read More

“Tentu kami mohon maaf kepada semua pelanggan, kami sudah merespon cepat dan minta segara diopersikan bantuan air ke warga. Insya Allah akan kita operasikan 20 mobil tangki,” tambahnya.

Pada siang sebelumnya, usai berkantor di kelurahan Cemorokandang, Sutiaji berkesempatan mendatangi kantor Perumda Tugu Tirta untuk segera mencari solusi, membantu warga terdampak dan meminta manajemen memberikan penjelasan kepada publik atas kondisi yang terjadi.

“Kami sudah diingatkan oleh Pimpinan (Walikota, red). Kami mohon maaf setulus tulusnya kepada segenap pelanggan terdampak. Kepada pimpinan kami sudah informasikan bahwa tekanan debit air lebih tinggi massa (tekanannya) daripada kemampuan penampang pipa yang terlewati. Untuk menghindari kebocoran dan kerusakan yang lebih para, maka langkah teknis adalah menurunkan aliran debit air, dan itu berdampak kepada beberapa titik pelanggan (kawasan timur kota Malang, red),” ujar Mukhlas, Direktur Utama Perumda Tugu Tirta.

Mukhlas menambahkan, apa yang diperkirakan ternyata terjadi. Saat upaya untuk menormalisasi pasokan air (Senin sore), pompa tak mampu sehingga terjadilah kebocoran hingga luapan air memenuhi jalan dan lokasi sekitar.

Turun ke Dalam Lubang Galian Pipa
(Walikota Sutiaji turun ke dalam lubang galian pipa untuk memastikan masalah teknis kebocoran pipa layanan air bersih bagi warga Kota Malang. Foto : Ist/Malang Inspirasi)

Baca Juga : Pemkab Malang Terus Upayakan Atasi Masalah Krisis Air Bersih

Sebelumnya, selama beberapa hari pelanggan PDAM di Kota Malang mengeluhkan seringnya gangguan layanan air bersih. Bahkan kadang mati sama sekali.

“Kok bisa sering mati. Kami pelanggan jadi serba susah. Kalau telat bayar didenda, bahkan diputus alirannya. Tapi layanannya kok menjengkelkan seperti ini. Kami bayar tagihan air juga tidak murah, lho,” keluh Rusdi, seorang pelanggan warga Sukun.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *