fbpx
Khawatir Perkembangan Virus Corona, UM Pulangkan 6 Mahasiswanya dari China
Malanginspirasi.com, UM – Universitas Negeri Malang (UM) memulangkan enam orang mahasiswanya yang tengah menempuh ilmu di China. Keenam orang mahasiswa ini merupakan mahasiswa program pertukaran mahasiswa asing yang tengah kuliah di Guan Xi Normal University, Guan Xi, China.

Ketua Tim Pengembang Kerjasama Internasional pada Kantor Hubungan Internasional Universitas Negeri Malang, Nabhan Fuad Choiron menyatakan, langkah pemulangan mahasiswa dari negeri tirai bambu ini dikarenakan pihak UM tidak ingin terjadi sesuatu pada mahasiswanya.

“Karena kita melihat perkembangan Virus Corona di Tiongkok sudah sangat mengkhawatirkan maka kita perlu mengevakuasi mahasiswa yang ada di sana meskipun di Guan Xi belum ditemukan adanya mahasiswa asal UM yang terpapar virus corona,” ungkapnya dilansir elshinta.com, Kamis (6/2).

Selain itu di Guan Xi sendiri mahasiswa yang ada di sana, lanjut Nabhan mendapat perhatian dari otoritas setempat. Namun melihat perkembangan Virus Corona di sana maka pihak UM harus menarik mahasiswa untuk kembali ke tanah air.

Baca Juga : Terkait Virus Corona, Disparbud Kabupaten Malang Kirim Surat Edaran ke Pokdarwis

“Apalagi ada beberapa bandara udara yang memblok masuknya penerbangan dari Tiongkok dan sebelum semuanya ditolak, maka UM secepatnya menarik mereka. Apalagi dari beberapa screening di beberapa bandara mahasiswa UM tersebut lolos. Rencananya hari ini mereka mendarat di Bandara Udara Juanda, Sidoarjo dan UM telah melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan Jawa Timur untuk melakukan pengecekan pada mereka,“ jelasnya.

Kalau nantinya harus menjalani pemeriksaan secara ketat maka pihaknya akan terus melakukan pendampingan pada mahasiswanya.

“Kita telah melakukan langkah-langkah antisipasi pada kepulangan mereka sebelum bertemu dengan keluarga,” tandasnya.