Koperasi Musti Ikuti Perkembangan di Era Revolusi Industri 4.0

  • Whatsapp
Koperasi Musti Ikuti Perkembangan di Era Revolusi Industri 4.0
(Musda Dekopin dibuka oleh Wawali Malang, Sabtu, (2/1). Foto : ANC/Malang Inspirasi)
Malanginspirasi.com, Blimbing – Di era revolusi industri 4.0, Koperasi dituntut harus bisa menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi informasi, khususnya dalam memberikan pelayanan kepada anggotanya.

“Tantangan Koperasi ke depan yaitu kemajuan teknologi IT yang mendorong kita mau tidak mau harus menyesuaikan. Karena kalau tidak kita akan dilibas,” ucap ketua Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) kota Malang, Dr. Herman Suryo Kumoro, SH, saat menghadiri Musyawarah Daerah di Kantor Dekopin Malang, Sabtu (1/2).

Menurutnya, salah satu yang menjadi kelemahan dari Koperasi yakni mereka masih belum mengikuti perkembangan teknologi. Sehingga semuanya masih dilakukan secara manual. Ini yang akhirnya memyebabkan Koperasi agak tertinggal.

Read More

“Seharusnya Koperasi sudah harus bisa melayani anggotanya tanpa harus anggota tersebut datang langsung ke koperasi. Apalagi di era sekarang ini jalannya padat menyebabkan orang malas keluar rumah,” terangnya.

Ketua Dekopin Kota Malang
(Ketua Dekopin Kota Malang, Dr. Herman Suryo Kumoro, SH. Foto : ANC/Malang Inspirasi)

Jadi memang Koperasinya yang harus mengalah. Pakailah teknologi aplikasi, tegasnya.

Herman Suryo menambahkan, di bidang kelembagaan melalui kementerian koperasi sudah mewajibkan penggunaan aplikasi untuk mengupdate data-data yang baru.

“Target kita meningkatkan kualitas koperasi terutama mendorong koperasi untuk bisa segera menyesuaikan dengan kemajuan teknologi informasi. Bahkan kalau bisa dalam dua tahun lagi Koperasi tidak ada lagi laporan tahunan berjilid-jilid cukup buka aplikasi. Baca semua datanya disitu,” jelasnya.

Baca Juga : Workshop Literasi Keuangan untuk Tingkatkan Potensi UMKM

Sementara itu, Wakil walikota Malang, Sofyan Edi Jarwoko, mengatakan kolaborasi dan gotong royong juga sangat diperlukan Koperasi dalam menghadapai tantangan yang akan datang.

“Di era teknologi sekarang ini, Koperasi sebagai wujud ekonomi kerakyatan harus bersama-sama dengan kekuatan ekonomi yang lain untuk berkolaborasi dan gotong royong,” tuturnya.

Wawali Bersama Pengurus Dekopin Kota Malang
(Wawali Sofyan Edy Jarwoko bersama pengurus Dekopin Malang. Wawali juga meminta agar Koperasi dapat mengikuti perkembangan di era Revolusi Industri 4.0. Foto : ANC/Malang Inspirasi)

Wawali berharap hal ini bisa diterjemahkan lewat Musda dengan program yang bagus serta dengan agenda-agenda ke depan yang lebih baik. Dengan demikian mampu menjawab tantangan zaman dan dirasakan manfaatnya oleh anggota.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *