fbpx
Niagahoster Ajak Pelaku UKM Online Branding
Malanginspirasi.com – Selain masalah pemodalan dan pajak, pemasaran dan branding UKM juga masih menjadi pekerjaan rumah bersama. Di tengah persaingan pasar yang semakin ketat, UKM lokal didorong untuk meningkatkan kualitas dan kreatifitas branding agar produknya dapat lebih cepat dikenal oleh masyarakat luas.

Sayangnya, banyak pemilik UKM masih salah kaprah berpikir brand hanya tentang nama merek, logo, kemasan, dan warna produk. Nyatanya, segala aktivitas yang mencakup upaya mengenalkan, menjual, atau mempromosikan produk merupakan aktivitas branding.

“UKM saat ini masih fokus pada menjual produk dengan cepat. Namun kurang memerhatikan bagaimana agar mereknya bisa dikenal dan diingat oleh orang,” jelas Koes Ayunda Zikrina Putri, Brand and Reputation Management Manager Niagahoster ketika menjadi pembicara pada acara Niagahoster Webseries 4.0 bertajuk “Membedah Strategi Online Branding untuk UKM” di kafe L’Albero, Sabtu (22/2).

Menurut Ayunda, berdasarkan fenomena saat ini yang serba digital, hampir separuh dari populasi di Indonesia sudah menguasai internet. Sehingga internet sendiri sudah menjadi pasar baru yang harus dipertimbangkan oleh pemilik bisnis untuk bisa memulai mengenalkan bisnisnya dengan cara branding.

Baca Juga : Maksimalkan Jaringan Medsos untuk Perluas Branding Produk Bisnis

Proses branding sebenarnya bisa dilakukan baik secara online maupun offline dengan berbagai cara. Dengan strategi branding yang tepat melalui website, media sosial, marketplace, mereka para UKM bisa menyasar pengguna baru dan semakin dekat juga dengan calon pelanggan mereka melalui dunia online.

“Kami juga berusaha mengenalkan bahwa yang menjadi kunci utamanya adalah website itu sendiri. Artinya ketika kita punya website, punya aset digital, kita punya identitas di online, sudah menjadi bekal yang cukup baik untuk berbisnis. Ini mengingat sekarang persaingan di dunia bisnis sendiri sudah banyak yang beralih ke digital,” ujarnya.

Suasana Diskusi di Acara Webseries 4.0
(Suasana diskusi Webseries 4.0 yang sebagian diikuti pelaku UMKM di Malang. Foto : ANC/Malang Inspirasi)

Lebih lanjut disampaikan Ayunda, Webseries sendiri merupakan acara rutin dari Niagahoster yang diadakan setiap 6 bulan sekali. Acara ini memang untuk memfasilitasi teman-teman UKM dengan menghadirkan berbagai tema atau topik yang sekiranya bermanfaat buat mereka dalam meraih kesuksesan secara online.

“Untuk Webseries 4.0 ini kami sengaja memilih Malang karena UKM nya cukup aktif dan cukup banyak,” akunya.

Dalam acara tersebut, selain Ayunda, hadir pula sebagai pembicara Meika Hazim, founder sekaligus owner Coklat Ndalem.