fbpx
Penutupan Jalur Penerbangan Dari Dan Ke China Pengaruhi Harga Bawang Putih di Kota Malang
Malanginspirasi.com, Gedung DPRD Kota Malang – Pemerintah Indonesia akhirnya mengambil kebijakan untuk menutup jalur penerbangan dari dan ke China demi mengantisipasi merebaknya Virus Corona di Indonesia. Hanya saja pengambilan kebijakan tersebut mau tidak mau juga berdampak pada kenaikan harga kebutuhan pokok yang selama ini banyak diimpor dari China. Salah satunya adalah bawang putih.

Kenaikan harga bawang putih akibat penutupan penerbangan dari dan ke China, juga dirasakan di kota Malang.

Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) kota Malang, Drs. Wahyu Setianto, MM, mengatakan penutupan penerbangan dari dan ke China bakal berdampak pada harga bawang putih. Karena memang ada instruksi dari Presiden untuk menyetop sementara yang sifatnya impor dari Cina ke Indonesia, meskipun di dalam negeri sendiri stok bawang putih sedang menipis.

“Biasanya ada kebijakan pemerintah untuk mengimpor bawang putih dari Cina, sehingga mau tidak mau ada pengaruh juga kepada ketersediaan atau harganya,” ujar Wahyu saat ditemui di gedung DPRD kota Malang, Jumat (7/2).

Baca Juga : Penutupan Penerbangan Dari dan Ke China Berdampak pada Pariwisata Jatim

Menurut Wahyu, gejala kenaikan harga sebenarnya sudah ada sebelum rute penerbangan dari dan ke Cina ditutup. Normalnya harga bawang putih 30-35 ribu per kilogramnya. Namun sekarang sudah menyentuh angka 70-75 ribu per kilogramnya, sehingga memang terjadi lonjakan harga dua kali lipat lebih.

Drs. Wahyu Setianto, MM, Kepala Diskoperindag Kota Malang
(Drs. Wahyu Setianto, MM, Kepala Diskoperindag Kota Malang)

“Jadi kemarin sebenarnya sebelum ditutup sudah terjadi sedikit kelangkaan. Biasanya harga bawang putih 30-35 ribu rupiah per kilogram, bisa naik 40 ribu kemudian beranjak sampai ke 50 ribu dan sekarang menyentuh angka 70-75 ribu rupiah. Kami khawatirnya nanti bisa naik lagi,” ucapnya.

Mengantisipasi hal tersebut, pihaknya telah melakukan komunikasi ke beberapa daerah yang memiliki kelebihan stok bawang putih sehingga bisa diarahkan ke Malang. Selain itu Wahyu mengaku Diskoperindag juga telah mengirim surat kepada Bulog untuk pengadaan operasi pasar.

“Kalau di lapangan kita melihat, memantau dan kita mendengar keluhan dari pedagang untuk komoditi seperti ayam, telur, gula, bawang putih. Kalau mengalami kenaikan harga, untuk menstabilkannya kita minta adanya operasi pasar. Termasuk juga kenaikan harga bawang putih yang terjadi saat ini. Kami sudah berkirim surat ke Bulog untuk permohonan operasi pasar,” ujarnya.

Wahyu menambahkan, dua hari lalu pihaknya sudah berkirim surat ke Bulog dan berharap segera ada respon.