fbpx
Potensi Perempuan Sangat Luar Biasa Dalam Memajukan Pembangunan
Malanginspirasi.com, Hotel Savana – Perempuan sebagai pilar negara dan ibu bangsa, tentunya memiliki peranan dan kedudukan yang sangat penting dalam pembangunan. Oleh karenanya, potensi perempuan harus bisa dikelola dengan baik apabila pembangunan di suatu daerah ingin maju, termasuk di kota Malang.

“Perempuan itu luar biasa produktivitas dan perannya bagi negara. Sehingga Rasulullah menyampaikan bahwa perempuan itu adalah tiang negara,” jelas Walikota Malang, Sutiaji, saat Membuka Musrenbang di Hotel Savana, Kamis (20/2).

Sutiaji menjabarkan apabila perempuannya hebat maka negaranya hebat, apabila perempuannya baik maka negara akan baik. Begitu juga sebaliknya, kalau perempuannya rapuh maka hancurlah negara dan kalau perempuannya tidak baik, maka negara juga tidak baik.

“Jadi tolong sampaikan apa yang kira-kira dibutuhkan oleh perempuan untuk meningkatkan potensi mereka. Karena nanti akan masuk dalam perencanaan optimalisasi potensi perempuan hebat kota Malang, sampai kepada pemberdayaan, terlebih saat ini sudah masuk di era revolusi industri 4.0 yang serba digital, “ tuturnya.

Lebih lanjut disampaikan Sutiaji, dalam pembangunan yang responsif gender, penting dipahami adanya partisipasi perempuan dan laki-laki yang setara. Hal ini agar dapat dipastikan akses dan manfaat pembangunan dapat dibagi dengan adil dan dinikmati secara bersama-sama pula.

Fashion Show Ibu2 di Musrenbang
(Di sela-sela Musrenbang, ibu-ibu peserta menyempatkan menggelar Fashion Show. Foto : ANC/Malang Inspirasi)

Baca Juga : Karang Taruna Jadi Komponen Utama Pembangunan

Sayangnya yang terjadi saat ini adalah permasalahan ketimpangan gender masih kuat dirasakan oleh perempuan, khususnya perempuan akar rumput. Baik itu dalam pendidikan, kesehatan, ekonomi, politik, sosial dan budaya.

Oleh karenanya imbuh Sutiaji, melalui Musrenbang perempuan ini diharapkan bisa menjadi bahan usulan perencanaan pembangunan dari kalangan perempuan. Sekaligus menjaring aspirasi dan keterlibatan aktif perempuan di Kota Malang dalam pembangunan.

“Jadi tolong nanti disampaikan apa yang menjadi keinginan para perempuan agar tidak terjadi ketimpangan. Meskipun nanti tentunya tidak semua bisa diakomodir sekaligus. Mana yang bisa direalisasikan saat ini, mana yang bisa ditunda untuk tahun selanjutnya,” pungkasnya.