fbpx
UM Kukuhkan Dua Guru Besar Fakultas Sastra dan MIPA
Malanginspirasi.com, UM – Universitas Negeri Malang (UM) kembali mengukuhkan dua guru besar. Mereka adalah Prof. Dr. Sri Rachmajanti, Dip.TESL., M.Pd. sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Pendidikan Bahasa (dan Sastra) Inggris Fakultas Sastra UM serta Prof. Dr. Hadi Suwono, M.Si sebagai Guru Besar Bidang Pendidikan Biologi FMIPA UM.

Pengukuhan kedua guru besar tersebut berlangsung di Gedung Rektorat lantai 9 UM, Selasa (18/2).

Prof. Dr. Sri Rachmajanti, Dip.TESL., M.Pd. dalam pidato pengukuhannya mengangkat judul “Membaca Kritis dengan Strategi Lingkar Literasi untuk Siswa Sekolah Dasar dalam Konteks Content Language Integrated Learning (CLIL)”.

Menurut Prof Sri, di dalam mempelajari bahasa apa pun akan lebih cepat jika siswa itu mempelajari suatu mata pelajaran melalui bahasa tersebut.

Melalui metode membaca kritis dengan strategi lingkar literasi Prof Sri ingin memperbaiki cara membaca anak. Bukan hanya sekedar membaca, tapi anak membacanya harus secara kritis. Jadi setelah anak-abak membaca buku, mereka bisa tahu kira-kira inti dari bacaan tersebut apa.

Baca Juga : UM Berkomitmen Lahirkan Lulusan yang Sesuai Jaman

Sementara itu Prof. Dr. Hadi Suwono, M.S, yang mengangkat judul “Rekontruksi Kritis Kurikulum Pendidikan Biologi” pada pidato pengukuhannya tersebut menyampaikan bahwa Biologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidup dan keanekaragaman hayati.

Biologi juga merupakan ilmu dasar yang melandasi perkembangan ilmu terapan seperti kedokteran, farmasi, pertanian, perikanan, peternakan, kehutanan, bioteknologi. Biologi merupakan ilmu yang penting karena aplikasi temuannya menunjang kesejahteraan manusia melalui produksi pangan berkelanjutan, peningkatan kesehatan melalui penyediaan obat-obatan dan nutrisi yang aman, energi yang ramah lingkungan, dan  perlindungan lingkungan.