Universitas Brawijaya Siapkan 2.000 Komputer untuk UTBK

  • Whatsapp
Universitas Brawijaya Siapkan 2.000 Komputer untuk Ujian Tulis Berbasis Komputer
(Wakil Rektor I Bidang Akademik UB, Prof.Dr.Aulanni'am,drh.,DES. Foto : ANC/Malang Inspirasi)
Malanginspirasi.com, UB – Universitas Brawijaya (UB) tengah menyiapkan diri sebaik mungkin demi kelancaran pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang rencananya akan diselanggarakan  pada tanggal 20-26 April 2020. Salah satunya dengan menyediakan 2 ribu komputer bagi peserta UTBK.

Kepala Bagian Akademik UB, Heri Prawoto Widodo, S.Sos, mengatakan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan seluruh fakultas untuk melihat kesiapan laboratorium di UB yang akan digunakan sebagai tempat pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer.

“Kami sudah menyiapkan ruangan, fasilitas, dan 2 ribu komputer. Listriknya juga sudah kami antisipasi jangan sampai ada masalah pada saat pelaksanaan ujian,” ujarnya saat menjadi pembicara di acara bincang santai di Gedung Rektorat UB, Kamis (27/2).

Read More

Disampaikan Heri, pihaknya juga telah mengidentifikasi kemungkinan-kemungkinan yang perlu diperbaiki selagi masih ada waktu. Termasuk menyiapkan komputer cadangan sebanyak 170 lebih, sebagai langkah antisipasi jika di hari H ada kendala.

“Kalau ada komputer yang bermasalah bisa langsung kami ganti komputernya dengan komputer yang kondisi sudah siap pakai,” tuturnya.

Bincang Santai di UB
(Acara bincang santai di Gedung Rektorat Universitas Brawijaya, Kamis (27/2) dengan pembicara Kepala Bagian Akademik UB, Heri Prawoto Widodo, S.Sos dan Wakil Rektor I Bidang Akademik Prof.Dr.Aulanni’am,drh.,DES. UB akan menyediakan 2.000 komputer untuk pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tanggal 20-26 April 2020. Foto : ANC/Malang Inspirasi)

Sementara itu Wakil Rektor I Bidang Akademik Prof.Dr.Aulanni’am,drh.,DES, menyebutkan, berbeda dengan tahun lalu, pelaksanaan UTBK tahun ini dilakukan secara berturut-turut setiap hari mulai tanggal 20-26 April 2020.

“Karena UTBK dilaksanakan setiap hari selama satu minggu, jadi semua kegiatan akademik di UB diliburkan. Sebab akan ada puluhan ribu peserta ujian setiap harinya yang akan datang ke UB. Setiap hari ada dua sesi ujian UTBK,” sebutnya.

Lebih lanjut disampaikan Prof. Aulanni’am, UB akan menerima sekitar 14.310 mahasiswa di tahun 2020. Dari jumlah tersebut kuota untuk mahasiswa yang masuk melalui jalur SNMPTN sebanyak 30 persen atau sekitar 4.300, SBMPTN sebanyak 40 persen atau sekitar 5.724, dan jalur Mandiri 30 persen atau sekitar 4.286.

“Di tahun ini UB juga membuka dua prodi baru yaitu Kehutanan di Fakultas Pertanian (FP) dan Aktuaria (FMIPA),” tutupnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *