fbpx
Antisipasi Penyebaran Covid-19, UB Tunda Berbagai Agenda Kunjungan Dari Luar Negeri
Malanginspirasi.com, UB – Mengantisipasi semakin merebaknya penyebaran Virus Corona Covid-19, Universitas Brawijaya (UB) berencana segera membuat surat edaran terkait larangan sementara orang dari negara luar untuk melakukan kunjungan ke UB.

Rektor UB, Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani AR., MS., mengatakan, semua kebijakan yang diambil UB terkait pencegahan penyebaran Covid-19 tidak lepas dari petunjuk maupun arahan dari kementerian kesehatan dan kementerian pendidikan. Salah satunya dengan mengeluarkan surat edaran yang isinya melarang warga UB untuk pergi ke luar negeri. Akan tetapi, didalam perkembangannya ternyata justru banyak orang luar negeri yang datang ke UB.

“Oleh karenanya kami akan membuat surat edaran baru melarang sementara kunjungan dari luar negeri ke UB atau orang yang baru datang dari luar negeri agar libur dulu tidak usah masuk ke UB selama 14 hari,” ucapnya saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (13/3).

Larangan itu termasuk kegiatan-kegiatan seminar atau kumpul-kumpul karena ada edaran dari kementerian, imbuhnya.

Menurut Nuhfil, banyak agenda seminar atau pertemuan yang pada akhirnya terpaksa diundur atau ditunda. Bahkan juga sudah ada surat edaran dari Dikti bahwa UB dihimbau untuk tidak mengadakan kegiatan yang mengundang pejabat dari luar daerah.

Baca Juga : Terkait Virus Corona, Disparbud Kabupaten Malang Kirim Surat Edaran ke Pokdarwis

Selain itu disampaikan Nuhfil, pada hari Senin yang akan datang pihaknya akan melakukan rapat bersama para dekan dan pakar. Rapat tersebut khususnya untuk membahas agenda pelaksanaan wisuda akan ditunda atau tetap dilangsungkan.

“Kita akan rapat bersama para dekan dan mengundang salah satu pakar agar kita tidak salah melangkah. Karena beberapa perguruan tinggi ada yang sampai menunda wisudanya. Tapi ada juga perguruan tinggi yang tetap melangsungkan wisuda tapi tanpa salaman,” ujarnya.

“Ini upaya kami untuk melakukan pencegahan penyebaran Covid-19,” tegas Rektor UB.