Bawang Putih Penyumbang Inflasi Tertinggi di Kota Malang

  • Whatsapp
Bawang Putih Penyumbang Inflasi Tertinggi di Kota Malang
(Bawang putih menjadi penyumbang inflasi tertinggi di Kota Malang. Foto : Ist)
Malanginspirasi.com, BPS – Pada bulan Februari 2020, kota Malang kembali mencatatkan inflasi sebesar 0,28 persen, sama persis dengan inflasi yang terjadi di tingkat nasional dan lebih rendah dibandingkan inflasi Jawa Timur yang sebesar 0,31 persen.

Badan Pusat Statistik (BPS) kota Malang, merilis, inflasi di kota Malang disebabkan adanya kenaikan harga terutama di kelompok bahan makanan.

“Penyumbang inflasi tertinggi pada bulan Februari 2020 di kota Malang disumbang oleh kenaikan harga bawang putih sebesar 36,15 persen dengan andil 0,0687 persen,” sebut kepala BPS kota Malang, Sunaryo, saat rilis inflasi di kantornya, Senin (2/3).

Menurutnya, penyebab kenaikan harga bawang putih tersebut salah satunya merupakan imbas dari larangan impor bawang putih yang diterapkan pemerintah terkait mewabahnya Virus Corona.

Baca Juga : Impor Bawang Putih dari RRT Masih Diperbolehkan Antisipasi Menipisnya Stok & Melambungnya Harga

“Jelas, salah satu penyebabnya karena impor bawang putih ini sangat tergantung dari pasokan dari luar negeri,” ucapnya.

(Sunaryo, Kepala BPS Kota Malang)
(Sunaryo, Kepala BPS Kota Malang)

Kemudian disusul dengan kenaikan harga emas sebesar 5,59 persen dengan andil 0,0419 persen dan kenaikan harga cabai merah sebesar 21,11 persen dengan andil 0,0401 persen.

“Sedangkan tiga komoditas tertinggi penghambat inflasi adalah cabai rawit, bensin dan bawang merah,” ungkapnya.

Cabai rawit mengalami penurunan harga sebesar 18,80 persen dengan andil -0,0602 persen. Sedangkan bensi dan bawang merah berturut-turut mengalami kenaikan harga sebesar 0,67 persen dan 7,31 persen dengan andil -0,0329 persen dan -0,0146 persen.

Sementara itu disebutkan, 8 kota di Jawa Timur juga turut mengalami inflasi dengan inflasi tertinggi dialami oleh Jember 0,51 persen dan terendah dialami Banyuwangi 0,10 persen.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *