fbpx
Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Malang Rumuskan Raperda Kearsipan
Malanginspirasi.com, Hotel Regent’s Park – Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Malang, mulai merumuskan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) terkait penyelenggaraan kearsipan. Rumusan tersebut dibahas dalam workshop Pembahasan Naskah Akademis dan Rancangan Peraturan Daerah Tentang Penyelenggaraan Kearsipan di Hotel Regent’s Park, 9-11 Maret 2020.

Kepala Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Kota Malang, Suwarjana, dalam sambutannya menyampaikan, arsip tidak hanya dipandang sebagai catatan sejarah, melainkan juga bagian tak terpisahkan dari manajemen organisasi. Keberhasilan pengelolaan kearsipan dengan sendirinya akan mempengaruhi kinerja organisasi. Karena arsip organisasi secara nyata dan berkelanjutan mampu memberikan dukungan pelajaran kepada keseluruhan proses manajemen organisasi.

“Peraturan daerah tentang kearsipan merupakan pilar utama kearsipan. Sehingga diharapkan para peserta workshop betul-betul bisa memanfaatkan waktu dengan baik agar bisa bersama-sama dapat membentuk sebuah peraturan yang nantinya akan menjadi payung hukum dalam menyelenggarakan kegiatan kearsipan,” terangnya, Senin (9/3).

Menurutnya, dengan adanya payung hukum tersebut maka arsip-arsip yang tercipta di lingkungan pemerintah kota Malang akan terawat, terjaga dan terselamatkan dengan baik. Hal ini tentunya akan membawa dampak kepada komitmen Pemkot Malang dalam mewujudkan tata pemerintahan yang baik dan bersih.

“Semoga wawasan dan gagasan dari peserta workshop dapat menjadi penyempurna payung hukum penyelenggaraan kearsipan di kota Malang,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengelolaan Arsip Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Malang, Wahyu Harianto, menjelaskan, pada hari pertama pelaksanaan workshop akan dibahas Naskah Akademisnya (NA) terlebih dahulu, sebelum nantinya dibahas raperda di hari kedua.

“Jadi sebelum kita membuat suatu perda, yang pertama kita buat adalah naskah akademis. Setelah itu baru kita membuat raperda,” ujarnya.

Baca Juga : Perpustakaan Umum dan Arsip Kota Malang Gali Sejarah Kota Malang Melalui Workshop dan Lomba Penulisan

Peserta workshop melibatkan para stakeholder diantaranya OPD yang terkait, kemudian dari ahli hukum turut diundang untuk memberikan masukan dari raperda yang akan buat.

Workshop Tentang Penyelenggaraan Kearsipan
(Suasana di workshop Pembahasan Naskah Akademis dan Raperda Kearsipan di Hotel Regent’s Park Foto : ANC/Malang Inspirasi)

Ada pun untuk para narasumbernya yaitu Indah Kusumayanti, SH,MAP, Kasubag Perundang-undangan, Bagian Hukum, Sekreatriat Daerah Kota Malang. Heru Agung Prasetyo,SH,MH, Perancang Peraturan Perundang-undangan Kanwil Hukum dan HAM Jatim dan Drs. Syawal, MM, Kepala Seksi Pengembangan Kearsipan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Jawa Timur.

“Harapan kami bahwa raperda ini nanti bisa dibahas di prolegda 2021 sehingga kota Malang mempunyai undang-undang kearsipan sendiri. Karena untuk beberapa wilayah sudah mempunyai dan kami akan mengikuti mereka,” pungkasnya.