fbpx
Parpol Turut Bantu Rakyat Kecil Korban Pandemi Covid-19
Malanginspirasi.com, Kepanjen – Tak hanya di masa kampanye, namun di masa-masa sulit seperti mewabahnya Virus Corona (Covid-19) saat ini, partai politik juga berkewajiban merangkul rakyat. Salah satunya dengan menggerakan segenap lapisan kadernya untuk memberi bantuan bagi mereka yang kesusahan akibat pandemi tersebut.

Hal inilah yang dilakukan Partai Demokrasi Perjuangan Indonesia (PDIP) Kabupaten Malang menyikapi melambatnya geliat ekonomi masyarakat akibat pandemi Covid-19. Masyarakat kecil khususnya, adalah yang paling rentan terkena dampaknya. Apalagi pemerintah juga sudah menghimbau agar tak terlalu banyak melakukan aktivitas di luar rumah untuk mencegah meluasnya wabah tersebut.

Tumpukan Beras
(Tumpukan berton-ton beras di gudang kantor DPC PDIP Kabupaten Malang yang siap dibagikan kepada warga yang secara ekonomi paling terkena dampak pandemi Covid-19. Foto : Ton/Malang Inspirasi)

“Mereka yang sehari-hari menggantungkan hidupnya dari berjualan cilok, tukang becak, sopir angkot, pedagang kecil, dan lain-lain, adalah yang paling merasakan dampak dari pandemi ini. Mereka tak lagi leluasa mencari nafkah karena ruang geraknya terbatas. Sekolah-sekolah dan tempat-tempat umum juga banyak yang sudah diliburkan. Tentu ini sangat menyulitkan kehidupan mereka,” ujar Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Kabupaten Malang, Didik Gatot Subroto, Senin (30/3).

Didik Saat Berangkatkan Bantuan
(Didik Gatot Subroto saat memberangkatkan bantuan beras gratis dari kantor DPC PDIP Kabupaten Malang. Foto : Ton/Malang Inspirasi)

Oleh karena itu, ia mengapresiasi inisiatif kader, donatur dan simpatisan partai yang tergerak untuk memberi bantuan kepada masyarakat kecil yang membutuhkan.

“Untuk tahap awal ini, tak kurang dari 45 ton beras yang siap kita bagikan. Sementara ini, dua kecamatan dulu, Gondanglegi dan Pagelaran. Nanti akan menyusul ke kecamatan-kecamatan lain,” terang Didik.

Pria yang juga Ketua DPRD Kabupaten Malang itu menambahkan, tak hanya ke warga langsung, namun bantuan juga diberikan ke beberapa pondok pesantren dan panti asuhan.

Pemberangkatan Bantuan bagi Warga yang Terimbas Pandemi Covid-19
(Pemberangkatan bantuan beras gratis bagi warga. Foto : Ton/Malang Inspirasi)

Baca Juga : Baksos Penyemprotan Disinfektan di Pasar Kepanjen

Sementara itu, Bupati Malang, HM Sanusi, yang tiba di lokasi menjelang pemberangkatan bantuan, menyambut positif sumbangan partai politik untuk membantu meringankan beban warga terkait pandemi Covid-19.

Bupati Malang, HM Sanusi
(Bupati Malang, HM Sanusi, juga hadir dalam pelepasan bantuan beras bagi warga. Foto : Ton/Malang Inspirasi)

“Apa yang dilakukan PDIP Kabupaten Malang ini tentu sangat bermanfaat bagi warga yang kesehariannya semakin sulit saat ini. Pemerintah Kabupaten sangat mendukung semangat kebersamaan dan uluran bantuan bagi rakyat kecil yang kesusahan akibat mewabahnya Virus Corona,” kata Sanusi.

Bantuan diberangkatkan Senin sore (30/3) dari Kantor DPC PDIP di Jl. Mojosari, Desa Ngadilangkung, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang. Selain beras, bantuan juga berupa disinfektan, hand sanitizer dan vitamin untuk masyarakat.