fbpx
PQN, Upaya Bank Indonesia Tingkatkan Pengguna QRIS
Malanginspirasi.com, Javanine Resto – Dalam upaya meningkatkan penggunaan transaksi non tunai melalui Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS), mulai hari ini Bank Indonesia (BI) menyelenggarakan Pekan QRIS Nasional (PQN) 2020 yang diselenggarakan serentak di 46 kantor perwakilan Bank Indonesia, termasuk di BI Malang.

Terhitung sejak Bank Indonesia BI memberlakukan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) pada 1 Januari 2020 hingga saat ini, sudah ada 2,7 juta merchant atau pedagang yang telah menggunakan QRIS di Indonesia. Sedangkan di wilayah kerja BI Malang sendiri (Malang, Batu, Pasuruan dan Probolinggo), telah terdapat 56 ribu merchant pengguna QRIS dimana 47 ribu pengguna QRIS tersebut diantaranya berada di Kota Malang dan sekitarnya.

Kepala Unit Pengawasan Sistem Pembayaran, Pengelolaan Uang Rupiah, dan Keuangan Inklusif BI Malang, Fida Affa Arif, mengatakan kegiatan PQN dilakukkan di perguruan tinggi, tempat ibadah, pasar tradisional, tempat wisata dan lainnya sehingga dapat menyentuh semua sektor dan lapisan masyarakat.

“Dalam PQN kali ini kami melakukan edukasi, kemudian dan membuka booth pendaftaran bagi pedagang,” jelasnya saat menghadiri Bincang Santai Bersama Media (Bisma) di Javanine Resto, Malang, Senin (9/3).

Mengusung tagline “Ayo Nganggo QRIS, Ben Mbois Ker!” PQN di Malang sendiri dimulai hari ini di Politeknik Negeri Malang (Polinema) mewakili kampus, dengan memberikan sosialisasi kepada para mahasiswa dan pedagang di kantin Polinema.

Kemudian di hari berikutnya dilanjutkan juga dengan kegiatan Piloting QRIS oleh Bank Pembangunan Daerah (BPD) Jatim, sosialisasi QRIS kepada para pengurus masjid se Malang Raya maupun kepada para pedagang di wilayah Destinasi Wisata Bromo. Serta sosialisasi kepada para pedagang pasar dan Mall di Pasar Terpadu Dinoyo Malang.

Pada saat yang bersamaan, Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) seperti LinkAja (dengan merchant aggregrator BNI dan BRI) dan Bank Syariah Mandiri Malang juga membuka booth di tempat acara. Hal ini untuk mengakomodir merchant atau pengurus tempat ibadah yang bermaksud melakukan pendaftaran sebagai merchant QRIS maupun migrasi dari QR Code lama menjadi berstandard QRIS.

“Puncak pekan QRIS di Malang akan diselenggarakan di lapangan Rampal Malang pada Sabtu, 14 Maret 2020 yang dimeriahkan dengan berbagai acara dan hadiah,” ungkapnya.

Baca Juga : Pasar Pintar Pertama di Indonesia Hadir di Kota Malang

Lebih lanjut, Kepala Tim Pengawasan Sistem Pembayaran, Pengelolaan Uang Rupiah, Keuangan Inklusif dan Layanan Administrasi BI Malang, Rini Mustikaningsih, menginformasikan, sejak QRIS mulai diberlakukan 1 Januari 2020, masyarakat diminta tidak lagi melakukan transkasi di merchant atau pedagang yang masih menggunakan barcode lama yang tidak ada tulisan QRIS dan tidak ada tulisan logo GPN. Karena seharusnya oleh PJSP barcode lama tersebut sudah ditarik dan diganti dengan barcode yabg berlogo qria dan GPN.

“Jadi kalau mau melakukan transaksi non tunai harus dipastikan dulu di sebelah kanan barcode ada logo QRIS dan disebelah kiri ada logo GPN,” tuturnya.

Sementara itu Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Malang, Azka Subhan, mengatakan, sebagai metode pembayaran terbaru yang diluncurkan oleh BI untuk memperluas alternatif pembayaran non tunai, QRlS memiliki berbagai manfaat antara lain lebih efisien, hasil penjualan tercatat otomatis, serta relatif Iebih aman baik bagi pedagang ataupun pembeli karena tidak melibatkan uang tunai.

Penjelasan BI Tentang Manfaat QRIS
(Kepala Kantor Perwakilan BI Malang menjelaskan sebagai metode pembayaran terbaru, pengguna QRIS mendapatkan banyak manfaat. Di antaranya memperluas pembayaran non tunai yang lebih efisien. Foto : ANC/Malang Inspirasi)

“Jadi Ibu-ibu tidak perlu khawatir lagi kehilangan dompetnya, karena semua transaksi dilakukan melalui hand phone,” ucapnya.

Azka menambahkan, QRIS juga memudahkan proses pembayaran bagi pedagang ataupun pembeli karena terintegrasi dengan aplikasi pembayaran digital. Seperti Gopay, Ovo, Dana, LinkAja ataupun Shopee Pay.