fbpx
BPBD Kota Malang Terus Lakukan Penyemprotan Disinfektan
Malanginspirasi.com – Hingga 14 April 2020, sebanyak 12.138 liter disinfektan dan 340 titik yang telah disasar oleh Tim Satgas Covid 19 Kota Malang. Tim spray disinfektan itu sendiri digawangi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang.

Sebagaimana diutarakan Kepala BPBD Kota Malang, Alie Mulyanto, tim BPBD per hari menyasar antara 10 sampai dengan 20 titik penyemprotan.

“Hari ini, Selasa (14/4), teman teman melakukan spray di 25 titik di wilayah Bumi Ayu. Dan total 340 titik yang telah disasar oleh Tim BPBD, belum termasuk dengan cakupan sasaran yang telah dibidik rekan-rekan wilayah (kecamatan dan kelurahan, red),” ujarnya.

Ditambahkan Alie, BPBD juga telah mengalirkan 50 liter klorin per kelurahan.

“Itu klorin murni. Bila digunakan harus diencerkan dengan perbandingan 1 liter klorin dicampur dengan 50 liter air,” jelasnya.

Berdasarkan data pada BPBD Kota Malang, stock total Klorin diterima 365 liter, dan yang telah digunakan sebanyak 238 liter. Ada pun total alkohol yang diterima 1.600 liter dan telah digunakan sebanyak 818 liter.

Baca Juga : Mitigasi Penyebaran Wabah Corona, Kelurahan Penanggungan Dirikan Posko Covid-19

Sementara itu Sutiaji, Walikota Malang memberi pesan bahwa spray disinfektan itu bersifat antisipasi dan bukan satu satunya langkah untuk memutus mata rantai Covid-19.

“Semua harus digerakkan secara simultan dan jadi satu kesatuan langkah. Kita semua tidak boleh lengah, poinnya kita harus terus bangun kedisiplinan atas himbauan pemerintah selama ini,” kata Sutiaji.

Menurut Walikota, disiplin bersama jadi kuncinya. Disiplin untuk social distancing, disiplin untuk physical distancing, disiplin untuk cuci tangan, pakai masker dan juga disiplin meng isolasi diri, serta apresiasi kepada para petugas pendamping, antara lain dokter, perawat, tim tracing dan PSC, yang terus melakukan monitoring serta observasi.

“Terima kasih juga kepada jajaran Polresta dan Kodim yang terus bersinergi memberikan edukasi dalam operasi gabungan harian serta relawan yg menguatkan langkah melawan wabah ini,” pungkas Sutiaji.