Mitigasi Penyebaran Wabah Corona, Kelurahan Penanggungan Dirikan Posko Covid-19

  • Whatsapp
Mitigasi Penyebaran Wabah Corona, Kelurahan Penanggungan Dirikan Posko Covid-19
(Posko untuk mitigasi penyebaran Covid-19 di Kelurahan Penanggungan. Foto : ANC/Malang Inspirasi)
Malanginspirasi.com, Penanggungan, Klojen – Sebagai upaya mitigasi (meminimalkan dampak) penyebaran Covid-19 di Kelurahan Penanggungan, Kecamatan Klojen, Kota Malang, warga bersama pihak kelurahan dan Karang Taruna mendirikan Posko Covid-19. Berbagai agenda kegiatan dilakukan untuk menekan kemungkinan terjadinya penularan wabah Covid-19.

“Melalui posko ini kami melakukan berbagai kegiatan mulai penyemprotan gratis dan juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait surat edaran yang dikeluarkan Pemerintah Kota Malang,” jelas Lurah Penanggungan, Yuyun Nani Ekowati, saat ditemui di Posko Covid-19 beberapa waktu lalu.

“Bahkan kami menjadwalkan secara rutin untuk turun ke lapangan melakukan pengecekan kepada masyarakat yang masih tidak bisa menjaga jarak atau bergerombol, maupun toko-toko yang tidak mematuhi ketentuan yang sudah dikeluarkan pemkot Malang,” imbuhnya.

Kemudian hari Minggu kemarin juga dilaksanakan kegiatan pembagian sembako untuk membantu masyarakat. Karena selain memerlukan Alat Pelindung Diri (APD), dari sisi kebutuhan sehari-hari juga harus diperhatikan.

Lurah Penanggungan, Yuyun Nani Ekowati
(Lurah Penanggungan, Yuyun Nani Ekowati, bersama Karang Taruna dan Kelurahan Tangguh. Foto : ANC/Malang Inspirasi)

“Kemarin bersama kelurahan dan juga Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) kelurahan kami sempat membagikan sembako gratis untuk 175 Kepala Keluarga (KK). Alhamdulillah kami bisa sedikit membantu pemerintah mengcover kebutuhan masyarakat sehari-hari,” ucapnya.

Baca Juga : Ikuti PSBB, Pemkot Malang Ketatkan Arus Masuk Orang

Masyarakat menyambut baik adanya posko ini karena dinilai sangat membantu memberikan kegiatan-kegiatan yang positif seperti penyemprotan. Kemarin juga dapat bantuan berupa masker, sarung tangan untuk diberikan kepada masyarakat.

Peralatan Penyemprotan Disinfektan
(Peralatan yang disiapkan untuk kegiatan penyemprotan disinfektan. Foto : ANC/Malang Inspirasi)

Lebih lanjut disampaikan Yuyun, di wilayah Kelurahan Penanggungan sendiri telah diberlakukan penutupan jalan bersama Polresta kota Malang di waktu-waktu tertentu, yakni di Jalan Veteran.

“Jadi setiap hari Sabtu dan Minggu jalan Veteran akan ditutup sementara beberapa jam. Dan hal ini sudah kita sosialisasikan sebelumnya kepada masyarakat termasuk mall dan hotel didaerah tersebut karena juga akan berdampak. Tapi Alhamdulillah tidak ada respon negatif dan semua mendukung,” pungkasnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *