fbpx
Peduli COVID19, Unidha Malang Bagikan Ratusan Paket Sembako
Malanginspirasi.com, UNIDHA – Ratusan paket sembako dibagikan Universitas Wisnuwardhana (Unidha) Malang kepada mahasiswa dan masyarakat yang terdampak Covid-19, melalui program Unidha Malang Peduli COVID19. Secara simbolis, bantuan paket sembako berupa beras dan mie instan tersebut diserahkan langsung Rektor Unidha, Prof Dr Suko Wiyono, SH, MH, didampingi Ketua Satgas Covid-19 Unidha, Sunyoto.

Rektor Unidha, Prof Suko mengaku pada awalnya pihak Unidha mengira mahasiswanya yang masih berada di Malang hanya sekitar 100 orang, tapi pada kenyataannya mencapai seribu orang mahasiswa yang memutuskan untuk tidak pulang ke kampung halamannya.

Dari situ kemudian banyak dari mahasiswa yang menyampaikan kepada fakultasnya masing-masing bahwa mereka memerlukan bantuan karena mereka sudah tidak lagi mendapatkan kiriman uang bulanan.

“Oleh karena itu, mulai hari ini kita berikan bantuan utamanya kepada mahasiswa yang benar-benar membutuhkan. Kami membantu sesuai dengan kemampuan kita. Setelah mahasiswa, masyarakat juga akan kita berikan bantuan,” ujarnya saat pembagian paket sembako di halaman Unidha, Rabu (15/4).

Paket Sembako Unidha Malang
(Ratusan paket sembako yang disediakan Unidha untuk para mahasiswanya dan masyarakat sekitar yang terdampak Covid-19. Foto : ANC/Malang Inspirasi)

Pemberian bantuannya, lanjutnya, tidak diberikan secara bersamaan tapi bergelombang. Hal ini karena pihaknya tidak menginginkan adanya kerumunan banyak orang.

Disampaikan Prof Suko, Unidha Malang telah menyiapkan kurang lebih 1000 paket dimana penyaluran bantuan dilakukan secara bertahap. Pada tahap pertama kali ini akan dibagikan 250 paket sembako dengan sasaran utama penerima bantuan adalah mahasiswa Unidha Malang yang memilih untuk tetap tinggal di kos atau kontrakan.

Selain mahasiswa, paket bantuan juga akan diprioritaskan untuk masyarakat disekitar kampus yang berprofesi sebagai pekerja harian, seperti pedagang kaki lima, tukang becak, dan pekerja harian lainnya.

“Dana bantuan berasal dari donasi para dosen termasuk alumni. Alhamdulillah sampai hari ini donasi yang terkumpul mencapai Rp 43.385.000, ” terangnya.

Rektor Unidha Malang
(Rektor Unidha Malang, Prof Dr Suko Wiyono, SH, MH. Foto : ANC/Malang Inspirasi)

Unidha Malang masih membuka kesempatan berdonasi bagi para pihak yang ingin menyisihkan rejekinya guna disumbangkan kepada masyarakat, khususnya pekerja harian yang terdampak COVID19.

Bantuan dapat disalurkan melalui rekening Bank Jatim (004 102 7300) a.n. Universitas Wisnuwardhana Malang (Kode Bank 114).

Baca Juga : JTS Polinema Bagikan Bantuan Masker dan Paket Sembako

Sementara itu, salah satu mahasiswi penerima bantuan sembako asal Nusa Tenggara Timur (NTT), Merci Billy, mengaku sangat terbantu dengan adanya bantuan sembako dari Unidha.

Menurutnya, ia sudah dua bulan ini tidak menerima kiriman dari orangtuanya.

Merci Billy, Mahasiswa Unidha Asal NTT
(Merci Billy, mahasiswa Unidha asal NTT penerima bantuan dari kampus. Foto : ANC/Malang Inspirasi)

“Di NTT rata-rata orangtua kami berprofesi sebagai petani dan dengan adanya wabah Covid-19 ini karena mereka juga dihimbau untuk tetap tinggal di rumah jadi pendapatan orangtua juga berkurang. Bahkan tidak ada sama sekali. Jadi dengan adanya bantuan ini kami sangat senang dan berterimakasih karena ada kepedulian dari pihak kampus terhadap mahasiswanya,” pungkas mahasiswi semester 4 jurusan akuntansi, Fakultas Ekonomi, tersebut.