fbpx
Satgas Covid-19 VBT Distribusikan Bantuan Kepada Warga Terdampak Corona
Malanginspirasi.com, Vila Bukit Tidar – Mewabahnya virus Covid-19 di Indonesia beberapa bulan belakangan ini berakibat pada menurunnya jumlah penghasilan masyarakat yang cukup drastis. Pasalnya banyak perusahaan yang terpaksa mengurangi jumlah karyawannya, termasuk para pelaku UMKM yang mau tidak mau harus mengehentikan usahanya untuk sementara waktu.

Hal inilah yang kemudian mendasari Satgas Covid-19 Vila Bukit Tidar (VBT) berusaha untuk memberikan bantuan khususnya sembako kepada warga terdampak Covid-19.

Ketua Satgas Covid-19, Ahmad Muwafiq Saleh, menjelaskan, data awal masyarakat yang akan menerima bantuan hanya 80 KK.

“Tapi kemudian kita beri kesempatan sekali lagi kepada warga melalui ketua RT untuk mendata kembali warganya dan ternyata ada tambahan. Mereka itu adalah para pedagang yang jualan di sekolah-sekolah, di kantin kantin, kemudian pembantu rumah tangga, dan karyawan yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK),” kata Ahmad saat ditemui di Posko Satgas Covid-19 VBT, Sabtu (11/4).

Ia menambahkan, ada di antara mereka yang di-PHK sebelum masuk bulan Ramadhan sehingga mereka tidak mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR) dari tempat mereka bekerja.

“Jadi sekarang ada 130 KK yang akan mendapatkan bantuan dan mereka tersebar di 20 RT yang berada di RW 11 VBT. Tapi jumlah tersebut masih ada kemungkinan bisa bertambah,” jelasnya.

Setiap KK mendapatakan bantuan paket sembako berupa beras, minyak goreng, mie, gula, telur 15 biji dan vocher senilai 25 ribu yang bisa digunakan untuk membeli sembako. Kemudian di bulan Ramadhan direncanakan akan ada pemberian THR lebaran.

Ketua Satgas Covid-19 VBT Distribusikan Bantuan
(Berkeliling dari rumah ke rumah. Foto : ANC/Malang Inspirasi)

“Nantinya, bantuan tersebut akan diberikan secara rutin setiap minggunya selama masa wabah Covid-19,” sebutnya.

Sedang untuk pendistribusiannya dibantu 40 orang relawan.

Disampaikan Muwafik, bantuan paket sembako tersebut berasal dari beberapa lembaga, perorongan dan hamba Allah yang tidak ingin disebutkan namanya serta dari sumbangan warga yang jumlahnya mencapai Rp 12,9 juta.

“Lembaga yang turut memberikan bantuan diantaranya Yasa, Haromaein dan owner perumahan Dieng serta hamba Allah. Kami hanya berdoa semoga bantuan dari berbagai pihak terus bisa mengalir karena di daerah sini yang kondisinya menengah kebawah cukup banyak,” terangnya.

Baca Juga : UB Bagikan Ratusan Paket Sembako untuk Mahasiswanya yang Terdampak Wabah Corona

Sementara itu, Ketua RW 11 Vila Bukit Tidar, Yudi Purwanto mengaku bahwa bantuan-bantuan tersebut merupakan hasil kerja bareng warga.

Ketua Satgas & Ketua RW 11
(Ketua Satgas Covid-19 VBT, Ahmad Muwafiq Saleh, dan Ketua RW 11 Vila Bukit Tidar, Yudi Purwanto. Foto : ANC/Malang Inspirasi)

“Ada kesadaran dan kebersamaan dari warga dan inilah yang membuat kami yakin bahwa semuanya ikut dan membuka semunya linknya untuk ikut membantu meringankan beban warga. Itu yang membuat kami percaya dan optimis. Jadi semua warga dan ketua RT kita libatkan,” ucapnya.

Lebih lanjut menurut menurut Yudi, satu-satunya satgas Covid-19 yang sudah memiliki SK adalah satgas Covid-19 VB. Sehingga warga tidak perlu khawatir jika ingin berdonasi, pungkasnya.