fbpx
SMK PGRI 3 Malang Buka Pendaftaran SSB Reguler Secara Online
Malanginspirasi.com, SMK PGRI 3 – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) PGRI 3 (Skariga) Malang kembali membuka Seleksi Siswa Baru (SSB) jalur reguler tahun ajaran 2020/2021. Pendaftaran dilakukan secara online melalui bit.Iy/ssbskariga.

Kabid Kesiswaan Skariga sekaligus ketua Pelaksana SSB Skariga, Adhy Ariyanto ST MT, mengatakan pendaftaran SSB reguler tahun ini sengaja dilakukan secara online guna mengantisipasi agar tidak terjadi pengumpulan massa di tengah kondisi pandemi Covid-19 saat ini.

“Sebenarnya seluruh pendaftara dilakukan secara online. Tapi karena masih ada orang tua atau calon siswa yang datang kesini, maka tetap kita layani. Namun pelayanan kami hanya sekedar membeli formulir sekaligus memberikan link onlinenya kepada calon siswa. Setelah itu mereka bisa langsung kembali untuk mengisi sendiri pendaftaran di rumahnya masing-masing secara online,” jelasnya saat ditemui, Senin (6/4).

“Mereka yang terlanjur datang ke sekolah, kami layani sesuai prosedur pencegahan Covid-19 dengan tetap menjaga jarak dan mewajibkan untuk cuci tangan lebih dulu sebelum masuk ruangan,” imbuhnya.

Selanjutnya saat melakukan pendaftaran online, mereka akan diminta untuk mengisikan biodata untuk kemudian mengikuti tes matrikulasi secara online. Setelah itu mereka akan mendapatkan pengumuman yang menginformasikan bahwa yang bersangkutan agar datang kembali ke SMK PGRI 3 pada tanggal 29-30 Juni untuk melakukan cek fisik.

Adhy Ariyanto
(Ketua Pelaksana SSB Skariga, Adhy Ariyanto ST MT. Foto : ANC/Malang Inspirasi)

Jika biasanya cek fisik dilakukan di awal baru membeli formulir, namun dengan kondisi seperti sekarang ini maka calon siswa membeli formulir dulu atau online dulu. Baru kemudian dilakukan cek fisik di bulan Juni atau setelah pandemi Covid-19 ini reda.

“Sedangkan bagi orangtua atau calon siswa yang merasa kesulitan dalam melakukan pendaftaran online, kami beri kesempatan kepada mereka pada tanggal 21-27 Juni untuk datang ke sekolah agar bisa kita bantu untuk online-nya,” terangnya.

Baca Juga : Tingkatkan Kesehatan, Siswa SMK PGRI 3 Malang Ikuti Skariga Gobyoz 2020

Menurut Adhy, untuk pendaftaran SSB reguler ini dibatasi kurang lebih selama 3 bulan mulai tanggal 6 April sampai dengan tanggal 27 Juni. Karena rencananya tanggal 4 Juli siswa baru, masuk pertama kalinya. Kemudian tanggal 6 Juli diadakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) kepada siswa baru.

“Semoga tidak ada perubahan karena kita juga menunggu informasi dari pusat maupun dari provinsi untuk tahun ajaran baru saat ini seperti apa dengan adanya pandemi Covid-19,” tuturnya.

Mencoba Pendafataran Online
(Calon siswa mencoba pendaftaran online di SMK PGRI 3 Malang. Foto : ANC/Malang Inspirasi)

Sementara untuk kuota jalur reguler hanya 319 kursi dari kuota 900 kursi pada tahun ajaran 2020/2021. Sebab sisanya 581 sudah terisi siswa baru dari jalur Dies Natalis sekitar 343 orang dan Penelusuran Potensi Akademik (PPA) sekitar 238 orang, pungkas Adhy.