fbpx
Unisma Terapkan Sejumlah Program Guna Cegah Penyebaran Covid-19
Malanginspirasi.com, UNISMA – Bentuk dukungan atas pembatasan sosial masyarakat saat pandemi Covid-19 juga terlihat di lingkungan kampus.

Universitas Islam Malang (UNISMA) memberikan perhatian lebih kepada para sivitasnya di saat pandemi ini. Selain meniadakan perkulian secara langsung atau tatap muka, kepedulian pencegahan penyebaran Covid-19 terlihat pula pada pemberlakuan pembelajaran secara online. Selain itu pihak kampus juga memberikan perpanjangan masa studi satu semester bagi mahasiswa pada semua jenjang.

Tak kalah dengan program universitas-universitas lain, UNISMA memberikan subsidi belajar bagi seluruh mahasiswa sarjana 1. Subsidi ini berjumlah Rp 300.000 yang akan diberikan kepada mahasiswa aktif. Terdapat pula bantuan berupa paket sembako dan hand sanitizer kepada masyarakat melalui Pemerintah Kota Malang dan Pemerintah Kabupaten Malang serta Ketua Rukun Warga (RW) di lingkungan kampus.

Pada kesempatan tersebut, Prof Dr Masykuri Bakri selaku Rektor UNISMA mengadakan konferensi pers dengan awak media melalui media daring (internet).

“UNISMA akan memberikan bantuan kepada para mahasiswanya, baik yang di Malang dan luar kota Malang,” ucapnya.

Masykuri juga mengungkapkan bahwa bantuan akan diutamakan kepada mahasiswa luar Malang yang masih bertahan di tempat kos.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Rektor 2 UNISMA selaku ketua tim satgas cegah Covid-19 menyatakan bahwa pihaknya telah  melakukan screening sebanyak 3 kali.

“Setiap 10 hari sekali kita tracking ke mahasiswa dengan mengunakan aplikasi. Bila mahasiswa mengalami gejala yang mengarah kepada Covid-19, maka akan dihubungi pihak kampus. Sedangkan  kalau mengarah ODP (Orang Dalam Pemantauan, red), kita akan minta untuk isolasi diri dan bila di wilayah Malang maka akan melibatkan RSI UNISMA,” ujarnya.

Screening ini akan dilakukan kembali pada pertengahan April.

Baca Juga : UB Bagikan Ratusan Paket Sembako untuk Mahasiswanya yang Terdampak Wabah Corona

Sedangkan bantuan sembako yang diberikan oleh UNISMA telah mencapai 570 buah paket bantuan. Kampus juga telah membuat hand sanitizer yang dibuat oleh prodi Farmasi.

Sebagian yang lain membuat bilik antiseptik BEVICO (Berantas Virus Corona) oleh Tim Fakultas Teknik UNISMA. Program lain yaitu memberikan fasilitas internet gratis bagi seluruh mahasiswa untuk mengakses perkuliahan secara online.