Perluas Akses Pasar, Pelaku Tanaman Hias dan Buah Didorong Bertransformasi ke Ekosistem Digital

Malanginspirasi.com – Pelaku tanaman hias dan buah diharapkan sudah mulai segera beradaptasi dan bertransformasi ke ekosistem digital. Pasalnya, dengan terhubung ke dalam ekosistem digital, tanaman hias dan buah di Indonesia dapat memperluas pasar dan lebih cepat berkembang.

Demikian dikatakan Staf Ahli Menteri Koperasi dan UKM Bidang Ekonomi Makro Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) Rulli Nuryanto di Bogor beberapa hari lalu.

“Digitalisasi akan membuat koneksitas antara buyer dengan seller lebih efisien dan efektif, hal tersebut juga akan mempercepat akselerasi perkembangan tanaman hias. Maka ekosistem tersebut yang mesti harus dibangun,” ujarnya.

Selain itu dengan digitalisasi usaha di sektor pertanian termasuk tanaman hias dan buah-buahan ini, juga akan semakin banyak menarik minat anak-anak muda untuk terjun di sektor pertanian.

Rulli menambahkan, ekspor buah Indonesia tahun 2020 baru mencapai angka 934 ribu USD dan masih menduduki peringkat 32 dunia.

Padahal jika dilihat data dari Kementerian Pertanian, buah-buah Indonesia seperti pisang, alpukat, dan jeruk adalah buah-buah andalan ekspor dan cukup diminati di negara-negara seperti Malaysia, Jepang, Tiongkok, dan Hongkong.

“Maka dari itu, saya mengajak para pelaku usaha tanaman hias dan buah-buahan untuk mengembangkan sektor ini agar memiliki nilai tambah yang lebih besar ke depannya,” kata Rulli.

Ia menambahkan, para petani harus terkonsolidasi, dan bersinergi dan jangan membiarkan mereka hanya menggarap di lahan yang sempit, tetapi lebih baik terkonsolidasi melalui koperasi

“Koperasi dapat berperan juga sebagai aggregator, konsolidator dan menjadi offtaker serta melakukan pengolahan hasil panen. Di samping itu dalam hal pemasaran, koperasi juga dapat berperan menjualkan hasil produk pertanian sehingga harga tidak dimainkan oleh tengkulak,” kata Rulli.

Untuk itu Rulli mengajak para pelaku usaha tanaman hias dan buah-buahan untuk bergabung dalam koperasi agar dapat meningkatkan skala ekonomi usaha serta meningkatkan akses pasar dan akses permodalan bagi para petani tanaman hias dan buah-buah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *