Manfaat Kulit Manggis untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Kulit Manggis untuk Kesehatan Tubuh

Malanginspirasi.com – Buah manggis tidak hanya dikenal dengan buahnya yang manis akan tetapi juga manfaat yang sangat banyak dari kulit buah manggis tersebut. Banyak penelitian menyatakan kulit manggis sangat bermanfaat karena memiliki kandungan senyawa kimia yang sangat berkhasiat bagi kesehatan.

Buah yang dijuluki dengan ratu buah ini juga memiliki sejumlah komponen zat yang penting yang bermanfaat bagi kesehatan seperti kalsium, vitamin C, vitamin B2, serat, protein, Vitamin B1, dll.

Buah manggis juga diyakini dapat menangkal radikal bebas karena kaya akan antioksidan.

Selain itu, buah manggis mengandung senyawa-senyawa mineral di dalamnya seperti magnesium, mangan dan tembaga.

Buah manggis dipercaya dapat mengurangi/mencegah penyakit stroke dan penyakit jantung koroner. Hal ini karena kalium yang terdapat didalam buah manggis merupakan komponen yang sangat penting dari sel cairan tubuh manusia untuk membantu mengontrol tekanan darah dan detak jantung.

Buah manggis juga dapat mengatasi berbagai macam penyakit seperti mengatasi diare, sariawan, gangguan saluran kencing dan menurunkan suhu tubuh di saat demam tinggi.

Sel-sel kanker yang terdapat didalam tubuh manusia dapat dengan mudah dihancurkan oleh kandungan xanthone yang terdapat di dalam buah manggis, karena kandungan xanthone tersebut bersifat proliferesi danapoptosis yang dapat memerangi sel-sel kanker.

Buah manggis yaitu buah yang sangat kaya akan vitamin C dan vitamin C tersebut dipercaya dapat menyembuhkan penyakit sariawan.

Cara meracik kulit manggis tersebut bisa menjadi ramuan untuk mengobati sariawan adalah sebagai berikut: siapakan 2 buah manggis, pisahkan isinya dari kulitnya lalu cuci hinggan bersih dan dipotong-potong menjadi beberapa bagian keci.

Kemudian remus kulit manggis tersebut dengan kurang lebih 3 gelas air dan rebus. Tunggu sampai air tersebut sampai mendidih kira-kira airnya menurun hingga separuh, lalu dinginkan dan dan saring air yang direbus tadi. Jadikan Air yang anda saring tersebut untuk berkumur-kumur.

Kulit manggis untuk kulit
Kulit manggis juga dapat menjaga kelembutan kulit. Foto: Ist

Kulit manggis juga dipercaya dapat membuat kulit menjadi terlihat awet muda. Ini karena kandungan antioksidan yang terdapat di dalam buah manggis bisa meregenerasi sel kulit dan mencegah penuan dini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *