Gulai Tambunsu, Kuliner Khas Minangkabau yang Terbuat dari Usus Sapi

Gulai Tambunsu, Kuliner Khas Minangkabau yang Terbuat dari Usus Sapi

Malanginspirasi.com – Ketika mendengar kata ‘usus’ sapi, bayangan kita adalah bagian dalam organ tubuh sapi yang fungsinya adalah saluran kotoran. Namun dengan pengelolaan yang benar, usus sapi ini ternyata dapat menjadi masakan yang lezat, lho.

Ini pula yang bisa dijumpai pada Gulai Tambunsu. Kuliner khas Minangkabau di Sumatera Barat ini terbuat dari usus sapi yang diolah dengan cara digulai. Bagian dalam usus diisi dengan tahu atau telur atau campuran keduanya.

Makan tambunsu paling enak dicampur dengan makanan lainnya seperti rendang atau ayam goreng. Disajikan dengan nasi dan sambalado membuat kita selalu ingin “tambuah ciek”.

Kalau mampir ke Rumah Makan Padang, cobalah untuk mencoba makanan ini sebagai lauknya. Tapi mungkin tidak semua Rumah Makan Padang menjual Gulai Tambunsu atau persediaannya yang sedikit. Karena membuat tambunsu dengan isian tahu dan telur itu susah-susah gampang.

Tambunsu sebenarnya lebih banyak dijual di Nasi Kapau, Rumah Makan yang juga ada di Sumatera Barat, tapi punya ciri khas berbeda dengan Rumah Makan Padang kebanyakan.

Kapau adalah nama daerah di Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Jadi Nasi Kapau lebih spesifik dibanding Nasi Padang. Sebelum diolah, usus sapi tentunya terlebih dahulu sudah betul-betul dibersihkan luar-dalam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *