Resep Bebek Panggang Peking

Resep Bebek Panggang Peking

Malanginspirasi.com – Meski disebut bebek panggang Beijing (Peking), namun sebenarnya hidangan ini berasal dari Guangdong. Di masa lalu, hidangan ini sangat terkenal dan sering muncul menjadi santapan para raja dan bangsawan.

Filosofi dari makanan ini adalah berupa doa semoga kesejahteraan orang-orang yang memakan bebek panggang ini menjadi sejahtera seperti raja.

Bebek peking memiliki daging yang lembut dengan kulit yang renyah membuat siapa pun yang memakanannya bakal suka. Sayangnya harga satu porsi bebek peking sangat mahal.

Jika Anda hobi memasak dan mencoba resep baru, tak ada salahnya jika Anda membuat bebek panggang Peking di rumah.

Resep Bebek Panggang Peking

Bahan utama:

– 1 ekor bebek peking

– 3 sdm kecap manis

– 2 sdm kecap asin

– 250 ml air

Bahan bumbu panggang:

– 3 buah jeruk nipis

– 3 sdm gula pasir

– 1 sdm angkak

1 sdt lada bubuk

– Garam secukupnya

Cara membuat:

  1. Bersihkan bebek di air mengalir. Bersihkan semua bulu-bulu beserta jeroannya. Kemudian, potong-potong bebek menjadi beberapa bagian, jangan terlalu kecil.
  2. Setelah itu, letakkan potongan bebek ke dalam wadah. Berikan perasan air jeruk nipis ke dalamnya. Kemudian, aduk-aduk bebek hingga terlumuri dengan air jeruk nipis secara merata. Tujuannya supaya bau bebek tidak terlalu amis. Sisihkan sebentar.
  3. Sambil menunggu bebek, buatlah bumbu marinasinya. Siapkan sebuah wadah, campurkan garam, gula pasir, lada bubuk, angkak, kecap asin, dan kecap manis ke dalamnya. Aduk-aduk semua bumbu hingga tercampur merata.
  4. Kemudian, masukkan semua potongan bebek ke dalam bumbu kecap tersebut. Aduk-aduk sesekali hingga merata. Marinasi selama kurang lebih satu jam.
  5. Siapkan loyang untuk memanggang bebek, letakkan beberapa potong bebek di atasnya. Kalau potongan bebek hanya sedikit, panggang saja dalam sekali sesi. Jika terlalu banyak, panggang beberapa potong dulu, supaya matangnya merata.
  6. Masukkan loyang berisi bebek ke dalam oven yang bersuhu 180 derajat Celsius. Berikan olesan sisa bumbu kecap tadi, lalu panggang bebek hingga matang dan sedikit kering.
  7. Kalau sudah dirasa matang, keluarkan bebek peking panggang dari dalam oven. Sajikan dengan perasan jeruk nipis, biar makin lezat.

Demikianlah resep membuat bebek panggang peking.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *