7 Alasan Kenapa Musti Rutin Makan Buah

7 Alasan Kenapa Musti Rutin Makan Buah

Malanginspirasi.com – Rasanya hampir semua orang tahu manfaat buah bagi kesehatan. Tapi tak semua orang bisa displin mengkonsumsinya secara berkala. Padahal rutin makan buah akan membawa efek menakjubkan bagi fungsi organ-organ dalam tubuh.

Manfaat buah bagi tubuh sangatlah beragam. Tak sekedar menjaga vitalitas tubuh, buah juga memiliki banyak khasiat ajaib bagi kesehatan.

Oleh karena itu, setidaknya ada 7 alasan kenapa kita musti rutin makan buah:

1. Menghindari Dehidrasi

Umumnya buah-buahan mengandung banyak air. Tak peduli apakah buah itu berkulit kasar atau halus, berasa masam atau manis, pasti ada kandungan airnya.

Jadi makan buah sama saja dengan memberi tubuh asupan air sehingga menjaga kita dari dehidrasi.

2. Menjaga Kinerja Otak

Teratur makan buah akan membuat otak bekerja aktif sekaligus memperkuat daya ingat. Selain itu, kandungan berbagai nutrisi dalam buah juga membuat otak bisa bekerja maksimal.

3. Menyehatkan tubuh

Yang ini jelas. Sebab buah meningkatkan ketahanan tubuh melawan berbagai penyakit. Bahkan, sumber utama vitamin dan mineral yang sangat penting bagi manusia berasal dari buah-buahan.

Rutin makan buah juga memperlancar sirkulasi aliran darah sehingga dapat membuat orang tampak segar dan memancarkan kecantikan alami dari dalam.

4. Murah

Banyak orang beranggapan buah itu mahal. Tentu saja anggapan ini mudah dibantah. Sebagai negara tropis, Indonesia merupakan surga bagi tumbuhnya aneka macam buah. Logikanya, harga buah di sini pastinya lebih murah ketimbang di negara sub tropis yang pasokan kebutuhan buahnya mengandalkan impor dari negara lain.

Gampangnya, apa satu porsi burger lebih murah ketimbang sesisir pisang atau sebiji buah pepaya berukuran besar?

Kalau pun ada buah yang tergolong mahal di Indonesia, kebanyakan justru berpotensi kurang baik bagi kesehatan jika dikonsumsi berlebihan. Durian, misalnya.

5. Kaya Serat

Serat alami yang banyak terkandung dalam buah-buahan membantu mencegah timbulnya penyakit-penyakit tertentu seperti hipertensi dan diabetes.

Tingginya kandungan serat dalam buah ini juga bersifat antioksidan yang menangkal radikal bebas penyebab kanker, serangan jantung dan gangguan penghlihatan.

Manfaat lain dari serat tinggi dalam buah bermanfaat pula untuk memperlancar pencernaan.

6. Meningkatkan Mood

Sejumlah penelitian membuktikan adanya keterkaitan erat antara perasaan tertekan atau stress dengan pola makan serta apa saja yang masuk mulut.

Terlalu sering mengkonsumsi makanan siap saji serta junk food ternyata membuat orang lebih mudah marah. Hal itu disebabkan banyaknya kandungan garam serta perasa buatan di dalam makanan-makanan tersebut.

Ini berbeda dengan buah-buahan. Lebih-lebih yang dibudidayakan dengan cara organik atau minimal mengurangi penggunaan zat-zat kimia. Kandungan vitamin dan mineralnya yang alami tak hanya menyehatkan, tapi juga menyegarkan pikiran dan meningkatkan good mood.

7. Bebas Kolesterol

Tidak seperti daging dan produk turunannya, buah-buahan tidak mengandung kolesterol LDL yang berbahaya. Untuk menjaga kebugaran tubuh dan menghindari menumpuknya kadar kolesterol jahat ini dalam tubuh, dokter atau ahli nutrisi kerap menyarankan untuk memperbanyak makan buah.

Diet buah di malam hari juga dapat mencegah proses penuaan dini.

Masih banyak manfaat lain dari kebiasaan rutin makan buah setiap hari untuk menjaga kesehatan tubuh, pikiran serta jiwa.

Namun satu hal yang perlu diperhatikan, mengkonsumsi buah dalam bentuk aslinya jauh lebih baik daripada buah yang diawetkan atau dalam bentuk kalengan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *