Jangan Self Diagnosa, Tidak Menangis di Situasi Sulit Bukan Berarti Mentalmu Tidak Sehat

Jangan Self Diagnosa, Tidak Menangis di Situasi Sulit Bukan Berarti Mentalmu Tidak Sehat

Malanginspirasi.com – Terkadang, kita sering terjebak dalam perasaan bingung saat menerima sesuatu kejadian. Emosi yang timbul membuat kita banyak melayangkan pertanyaan hingga keraguan pun muncul. Dada bergemuruh dan sesak tentu kerap dirasakan saat kondisi yang buruk atau tidak biasa terjadi.

Seperti misalnya saat kita menghadapi perpisahan tapi tidak menangis. Meski banyak faktor yang membuat seseorang mengambil keputusan ini, tapi tentu tetap tidak mudah. Hal ini tentu membingungkan bagi sebagian orang. Karena umumnya seseorang akan menangis dan merasa kecewa bila berada di situasi ini.

Menurut Instagram @apdcindonesia, hal ini bisa terjadi karena rasa bingung atas berbagai gejolak perasaan yang muncul. Sehingga tidak apa-apa untuk mengambil jeda. Karena pikiran dan perasaan manusia membutuhkan waktu untuk memproses situasi baru. Terutama bila situasinya cukup ekstrim seperti perpisahan dengan orang terkasih.

Tidak menangis pasca berpisah tidak berarti bahwa mentalmu tidak sehat. Karena setiap orang memiliki respon yang berbeda dalam menghadapi suatu kejadian. Tidak semua orang mengekspresikan kesedihannya dengan air mata.

Karena ada sebagian orang yang merasa sedih dan ikhlas di saat yang bersamaan. Sehingga semua ini normal terjadi dan yang terpenting adalah, pahami perasaanmu. Cari cara yang sehat untuk mengekspresikannya.

Self reflection bisa dilakukan untuk mengenali kondisi diri yang paling apa adanya. Sehingga kamu bisa sadar memperhatikan pikiran, perasaan, dan sensasi dari responmu akan suatu kejadian tertentu.

Karena dengan refleksi, seseorang akan lebih terhubung dengan dirinya sendiri, mampu mengidentifikasi dan memahami pikiran dan emosi yang ia rasakan. Selain itu, seseorang akan menjadi lebih peka akan respon tubuhnya pada keadaan tertentu.

Ilustrasi menangis
Menangis adalah sesuatu yang wajar. Bahkan mengekspresikan kesedihan dengan menangis bermanfaat bagi kesehatan mental. Image: Freepik

Self reflection bisa dilakukan sambil meditasi atau ibadah harian. Berilah ruang dan waktu untuk memahami dan memeluk diri sendiri. Sehingga, wajar bila dengan berdoa bisa membuat seseorang mantap dengan keputusan yang telah ia ambil. Ia tidak lagi merasa bingung bahkan tidak menangis saat menghadapi situasi yang sulit.

Namun jika kondisi ini masih membuatmu kesulitan dan belum merasa lebih baik, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan profesional agar mendapat pertolongan yang tepat sedini mungkin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *