Penderita Gula Darah Rendah, Hindari Makanan dan Minuman Ini Ya…

Penderita Gula Darah Rendah, Hindari Makanan dan Minuman Ini Ya…

Malanginspirasi.com – Penderita gula darah rendah atau hipoglikemia penting untuk memperhatikan asupan makanan supaya mencegah terjadinya episode penurunan gula darah.

Hipoglikemia terjadi ketika kadar gula darah turun di bawah 70 miligram per desiliter (mg/dl), yang dapat menyebabkan gejala seperti pusing, lemas, dan bahkan kejang atau koma jika tidak segera ditangani.

Hipoglikemia bisa terjadi karena berbagai faktor, seperti diet, pengaruh obat-obatan, efek samping dari terapi insulin, serta kondisi tertentu. Dikutip dari Very Well Health, berikut tiga jenis makanan dan minuman yang harus dihindari penderita gula darah rendah:

1. Makanan Tinggi Gula dan Gula Pekat

Makanan dengan kandungan gula tinggi dapat menyebabkan lonjakan drastis pada kadar gula darah diikuti penurunan yang tajam, menciptakan efek rollercoaster yang berbahaya bagi penderita hipoglikemia. Makanan yang termasuk dalam kategori ini antara lain kue-kue, pai buah, dan camilan beku seperti es krim dan yogurt beku.

2. Kafein

Minuman dan makanan yang mengandung kafein dapat merangsang pelepasan hormon adrenalin, yang dapat menyebabkan peningkatan sementara pada gula darah diikuti oleh penurunan yang tajam. Makanan dan minuman yang mengandung kafein termasuk kopi, cokelat, soda, dan teh hitam.

3. Minuman Beralkohol

Alkohol memiliki efek kompleks pada gula darah. Konsumsi alkohol, terutama saat perut kosong, dapat menyebabkan penurunan gula darah yang signifikan. Ini berbahaya karena dapat memicu hipoglikemia tanpa gejala yang jelas, sehingga sulit untuk ditangani dengan cepat.

Dilansir dari Healthline, untuk menghindari hipoglikemia adalah :

– Menghindari makanan yang menyebabkan lonjakan glukosa darah cepat.

– Mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks yang dicerna lebih lambat, membantu menjaga kestabilan gula darah.

– Mengonsumsi makanan dalam porsi kecil tetapi sering, untuk mencegah penurunan gula darah drastis.

Sementara itu dikutip dari Halodok berikut ini beberapa pertolongan pertama saat gula darah rendah:

1. Mengonsumsi Makanan atau Minuman Manis

Pertolongan pertama gula darah rendah (hipoglikemia) ini bisa kamu lakukan dengan minum jus buah atau larutan gula. Pengidap juga boleh mengonsumsi madu atau permen guna menstabilkan kadar gula tubuh.

2. Mengonsumsi Camilan

Langkah ini dapat kamu lakukan ketika gula darah mulai berangsur normal. Camilan manis dapat membantu mengisi kembali glikogen di dalam tubuh yang berfungsi sebagai bahan bakar atau energi. Adapun jenis camilan dokter rekomendasikan, yakni buah, cokelat hitam, telur rebus atau kacang-kacangan.

3. Mengonsumsi Karbohidrat

Pertolongan pertama gula darah rendah ini dapat kamu lakukan dengan mengonsumsi nanas, kurma, kismis, pisang dan anggur. Asupan yang biasanya dokter rekomendasikan yakni berkisar antara 15 hingga 20 gram.

4. Makan Makanan Kaya Protein

Protein membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Mengapa demikian? Sebab protein dapat memicu pelepasan insulin dalam jumlah kecil. Insulin adalah hormon yang membantu mengatur kadar gula darah. Sumber protein sehat yang direkomendasikan adalah ayam, ikan, dan tahu.

Makanan kaya protein
Beberapa makanan yang kaya protein. JEFIT

5. Periksa Kadar Gula Darah

Setelah melakukan poin 1 sampai 3, selanjutnya adalah memeriksa kadar gula darah. Lakukan cara ini 15 menit setelahnya.

Perlu kamu ketahui, batas normal gula darah dalam tubuh yaitu 70 mg/dL. Jika kadarnya masih di bawah bilangan tersebut, sebaiknya periksa kembali 15 menit kemudian.

6. Injeksi Glukagon

Injeksi glukagon dapat dokter rekomendasikan jika pengidap tidak dapat mengonsumsi makanan dan minuman, alias hilang kesadaran.

Pengobatan ini dokter berikan melalui infus, sehingga pengidap perlu mendatangi fasilitas kesehatan terdekat. Kemudian, periksa kembali kadar gula 15 menit setelah pengobatan.

Jika kadar gula darah masih di bawah 70 mg/dL, pengidap perlu mengonsumsi 15 sampai 20 gram karbohidrat. Lalu periksakan kembali gula darah. Lakukan cara ini sampai gula darah berada di angka normal.

7. Mengistirahatkan Badan

Jika kamu mengalami gejala gula darah rendah, jangan banyak bergerak, segera istirahatkan diri. Bila kamu terus bergerak, badan semakin drop dan bukan tak mungkin menjadi limbung dan tidak sadarkan diri.

SUMBER ARTIKEL

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *