4 Trik Sederhana untuk Mengetahui Apakah Telur Akan Membusuk

4 Trik Sederhana untuk Mengetahui Apakah Telur Akan Membusuk

Malanginspirasi.com – Telur biasanya memiliki lapisan luar yang kuat yang disebut kulit telur atau kulit rebus yang membantu melindunginya dari pembusukan.

Namun, jika terlalu lama disimpan kemungkinan telur akan memiliki celah atau kerusakan pada kulitnya yang bisa mengundang bakteri masuk dan membuatnya jadi membusuk.

Berikut empat trik sederhana untuk membantu Anda mengetahui apakah telur yang Anda simpan sudah akan membusuk atau tidak:

1. Amati cangkang telurnyaCangkang telur

Salah satu cara mengetahui apakah suatu telur masih segar adalah dengan mengamati kuning telurnya. Telur segar memiliki kuning telur yang terlihat padat dan keras, sedangkan telur yang lebih tua memiliki cangkang telur yang terlihat rapuh dan lebih mudah pecah.

2. Rendam telur dalam airRendam telur

Cara sederhana lainnya untuk membedakan telur segar dan telur busuk adalah dengan merendamnya dalam air.

Telur yang masih segar akan tenggelam ke dasar gelas, sedangkan telur yang sudah mulai membusuk akan mengapung ke atas karena adanya sel udara yang terbentuk seiring bertambahnya usia telur.

3. Periksa putih telurnyaPutih telur segar

Anda juga bisa membedakan telur segar dan telur busuk berdasarkan warna dan tekstur putih telurnya.

Putih telur segar akan berwarna keruh dan kental, sedangkan putih telur yang lebih tua akan lebih transparan dan encer.

4. Cium telurnyaCium bau busuk telur

Terakhir, aroma telur juga bisa menjadi indikator kesegarannya. Telur segar tidak berbau sama sekali, sedangkan telur busuk mempunyai bau yang menyengat dan tidak sedap.

Dengan melakukan trik sederhana di atas, Anda bisa dengan mudah mengetahui apakah sebuah telur  yang Anda simpah masih segar atau tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *