3 Cara Menstimulus Si Kecil Agar Cepat Bicara

3 Cara Menstimulus Si Kecil Agar Cepat Bicara

Malanginspirasi.com – Melihat si kecil tubuh dengan baik tentunya sangat menyenangkan, terutama jika sudah dalam fase babbling atau mengoceh.

Orangtua dapat membantu si kecil agar cepat bisa bicara dengan stimulai yang tepat.

Berikut 3 cara untuk membantu menstimulasi si kecil agar cepat bicara:

1. Selalu Ajak Si Kecil BerkomunikasiAjak bicara

Ajaklah si kecil berbicara sejak ia baru lahir. Hal ini dilakukan untuk merangsang indra pendengarannya sejak dini. Nah, ketika anak sudah mulai bisa mendengar dan melihat secara jelas, sebagai orangtua, Anda harus sudah mulai mengajak si kecil berinteraksi dan berbicara.

Jangan lupa beri perhatian kepada si kecil dengan menatapnya saat ia mulai mengoceh. Buatlah diri Anda seekspresif mungkin untuk memancing respons gelak tawa si kecil.

2. Belajar Sambil BermainBelajar sambil bermain

Bermain adalah cara paling ampuh untuk merangsang si kecil bicara. Anda bisa membacakan dongeng dengan berbagai macam jenis cerita sebelum tidur dan saat waktu luang.

Ketika anak mulai bosan, Anda bisa mengajaknya bermain dengan gambar-gambar pada flash card, puzzle, ataupun benda-beda lain yang memiliki bentuk dan gambar menarik.

Ajak juga si kecil memainkan berbagai jenis permainan anak, seperti tebak-tebakan anggota tubuh dengan menanyakan di mana letak hidung, mata, kuping, dan mulut.

3. Ajukan Pertanyaan Lebih BanyakBertanya ke anak

Jika si kecil sudah mulai mengeluarkan bahasa ala bayi dan memberi ragam respons, jangan ragu untuk menanggapinya.

Anda harus mempertegas apa yang si kecil ucapkan dengan mengajukan pertanyaan yang lebih banyak, sehingga memungkinkan anak memberikan respons.

Contohnya, jika si kecill meminta minum atau makan, Anda bisa berpura-pura menanyakan maksud ocehannya sambil tertawa atau tersenyum.

Anda juga bisa mengajukan pertanyaan yang lebih banyak kepada si kecil supaya dia semakin terangsang untuk bicara. Semoga informasi ini bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *