Jangan Langsung Marah, Ternyata Ini 4 Penyebab Anak Berani Membantah Orang Tua

Jangan Langsung Marah, Ternyata Ini 4 Penyebab Anak Berani Membantah Orang Tua

Malanginspirasi.com – Ketika anak membantah orang tua, pasti reaksi pertama yang terlintas adalah langsung memarahinya. Padahal, memahami mengapa anak-anak terkadang berani membantah orang tua sangat penting supaya tidak terjadi cekcok yang tidak perlu.

Berikut 4 alasan yang mungkin menjelaskan perilaku ini:

1. Anak Sedang Mencari Identitas Sendiri

Orang tua harus memahami bahwa ada masanya anak-anak mulai mencari identitas mereka sendiri.

Biarkan saja anak-anak bereksplorasi dengan banyak hal agar mereka dapat menemukan passion dalam hidup. Jangan kekang rasa penasaran mereka, karena itu hanya akan membuat anak memberontak.

2. Kebutuhan akan Kemandirian

Anak-anak, terutama yang telah beranjak remaja, seringkali ingin menunjukkan kemandirian mereka, dan salah satu caranya adalah dengan membantah atau berargumen dengan orang tua. Jadi, jangan terlalu diambil hati ya Bun!

3. Bentuk Ekspresi Diri

Anak-anak mungkin merasa pendapat mereka tidak didengar atau dihargai, sehingga mereka membantah sebagai cara untuk mengekspresikan diri dan pendapat mereka.

Remaja mencari jati diri
Setiap anak ketika beranjak remaja pasti akan mengalami fase copy cat dengan dengan apa yang disukai teman-teman sebayanya. Shutterstock

4. Pengaruh Lingkungan

Teman sebaya dan media juga dapat mempengaruhi anak-anak untuk lebih vokal dan berani dalam menyatakan pendapat, termasuk saat berbeda pendapat dengan orang tua.

Penting bagi orang tua untuk mendengarkan dan mencoba memahami perspektif anak-anak mereka, serta memberikan bimbingan tentang cara berargumen tetapi tetap menunjukkan rasa hormat kepada lawan bicaranya, siapapun itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *