5 Tips Agar Anak Terbiasa Menyukai Makanan Sehat

5 Tips Agar Anak Terbiasa Menyukai Makanan Sehat

Malanginspirasi.com – Anak-anak cenderung memiliki rasa penasaran yang tinggi pada banyak hal, termasuk rasa penasaran terhadap makanan. Ini adalah saat yang tepat bagi orangtua memperkenalkan dan menumbuhkan sikap agar anak menyukai makanan sehat.

Semua orangtua pasti ingin anak-anaknya terbiasa mengkonsumsi makanan yang menyehatkan dan bergizi.  Hal ini tidak bisa terjadi secara instan, perlu kerjasama orangtua untuk membiasakan anak menyukai makanan sehat.

Kira-kira apa saja yang bisa dilakukan orangtua agar anak terbiasa menyukai makanan sehat?

Berikut 5 tips yang bisa dilakukan.

1. Ajak Anak Berkebun Bersama

Mengajak anak menanam sayuran atau berkebun membuat anak lebih antusias dan bersemangat untuk lebih mengenal apa yang mereka makan.

Orangtua bisa mengajak anak menanam tomat atau tanaman sayur lainnya di pot jika tidak memiliki lahan yang luas.

Selanjutnya buat menu dari bahan yang sama dengan yang ditanam tadi, dan anak lebih bersemangat karena tahu bagaimana makanan yang ia konsumsi berasal. Selain itu anak juga akan memiliki gambaran seperti apa bentuk dan rasa tanaman yang sudah ia tanam tadi.

2. Ajak Anak Pergi Berbelanja Bersama

Jika tidak memiliki waktu untuk mengajak anak berkebun, Anda bisa mengajak anak-anak berbelanja. Berikan pengetahuan pada anak, bahan makanan apa saja yang sehat dan apa manfaatnya, lalu biarkan mereka membantu memilih bahan makanan yang sudah disepakati untuk dibeli.

3. Buatlah Ide Menu Bersama Anak

Membuat ide menu bersama anak menjadi salah satu tips yang menarik. Libatkan anak-anak dalam merencanakan dan mempersiapkan makanan kapanpun Anda bisa.

Ini akan membuat anak merasa dibutuhkan dan meningkatkan kepercayaan dirinya. Dan anak akan merasa lebih bangga karna menu yang dihidangkan adalah hasil dari buah pikirannya.

Hal ini akan membuat anak berlatih untuk terbiasa membuat ide menu makanan sehat dan makan tanpa drama karena ia sudah tahu hidangan apa yang akan mereka makan.

4. Biarkan Anak Membantu Memasak

Anak-anak dari segala usia dapat membantu di dapur, bahkan anak usia dini sekalipun. Mungkin mereka belum bisa memotong sayuran tapi anak-anak dapat membantu mencuci sayuran atau merobek selada.

Anda dapat melibatkan anak memasak sesuai dengan usia dan kemampuannya. Hal ini akan mendorong anak menjadi pribadi yang mandiri, terbiasa menyukai dan mampu menyiapkan makanan sehat kelak saat ia sudah dewasa.

5. Berikan Contoh

Jika Anda ingin anak Anda menyukai makanan sehat maka tips yang paling penting  adalah memberi contoh.

Anak adalah peniru ulung. Ia akan meniru apa yang dilihatnya. Jadi wajib orangtua juga mengkonsumsi makanan sehat sehari-hari agar anak dapat mencontoh hal baik dari orang tua.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *