Dengar Kata Psikolog, Ini Cara Menghindari Hidden Abuse

Dengar Kata Psikolog, Ini Cara Menghindari Hidden Abuse

Malanginspirasi.com – Banyak orang yang tidak menyadari bahwa kekerasan dan pelecehan itu tidak hanya mengenai fisik, tetapi bisa juga berupa verbal. Hal ini sering tidak disadari karena tidak semuanya terlihat dan terasa jelas. Bahkan, ada beberapa korban yang baru menyadarinya bertahun-tahun setelah kekerasan ini terjadi. Sehingga kejadian ini disebut sebagai hidden abuse.

Menurut psikologi, mengenal mengetahui kelebihan dan kekurangan pasangan adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Karena dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan ini, kita akan lebih tahu tipe atau karakter orang seperti apa yang cocok untuk dijadikan pasangan.

“Oh kayaknya aku gak bisa nih sama orang ini karena aku tahu aku akan menjadi seperti ini, misalnya gitu,” tutur Huna Faizah, M.Psi., Psikologi yang dikutip melalui Instagram @taulebih.id.

Seperti istilah yang belakangan ini trend, red flag. Sehingga kita bisa mengukur kemampuan diri dalam menghadapi perilaku orang lain. Tak lupa pula untuk mengamati perilaku seseorang.

“Seperti misalnya, punten, ada orang yang kalau ngomong A B tapi yang dilakuin C. Itu ‘kan ada pola perilaku yang berbeda dari hal yang disampaikan. Itu perlu kita kenal,” imbuh Husna.

Selain itu, kita juga perlu perhatikan dan waspada bila melihat sikap pasangan yang membahayakan, seperti cenderung mengontrol orang lain yang cukup tinggi atau sikap mengintimidasi.

Kamu bisa mencoba memperhatikan reaksi spontan dari pasanganmu, apakah dia pernah secara tidak sadar memberimu respon atas suatu masalah dengan cara mengintimidasi? Atau pernahkah dia melakukan hal-hal yang seperti membuatmu terisolasi?

“Jadi ada rasa kayak, kok aku gak bisa ngapa-ngapain, ya? Kok aku jadi gak bebas beraktivitas? Aku juga tidak bebas untuk berekspresi juga.”

Hal-hal berbahaya ini tentu perlu dikenali dan diwaspadai sebelum kamu melangkah ke jenjang yang lebih serius. Karena hidden abuse ini sama seperti jenis kekerasan lain yang tidak bisa disepelekan.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *