Bisa Dibaca Gratis dan Legal, 7 Rekomendasi Novel dari Penulis Terkenal di Ipusnas!

Bisa Dibaca Gratis dan Legal, 7 Rekomendasi Novel dari Penulis Terkenal di Ipusnas!

Malanginspirasi.com – Pemerintah telah meluncurkan perpustakaan digital yang bisa diakses semua orang secara gratis. Selain gratis aplikasi ini mudah sekali untuk digunakan lho.

Jadi untuk kaum ‘mendang mending’, tidak membaca karena harga buku cukup mahal sudah tidak bisa lagi dijadikan alasan. Bagi kalian si kutu buku kehadiran ipusnas bisa menjadi kabar yang sangat menyenangkan. Koleksi yang ada di Ipusnas juga sangat beragam mulai dari buku sejarah, novel, sampai cerita anak.

Jika kalian masih bingung mau baca apa disana, tenang saja berikut ada 7 rekomendasi novel dari penulis terkenal yang bisa kamu baca secara legal dan gratis di Ipusnas.

1. Gadis Kretek (Ratih Kumala)

Novel karya Ratih Kumala yang sukses diadaptasi jadi series Netflix ini ternyata bisa kamu baca gratis di Ipusnas lho. Novel ini menjadi semakin terkenal berkat Dian Sastrowardoyo dan Putri Marino yang memerankan salah satu tokoh penting di series Netflix dengan judul yang sama.

Novel Gadis Kretek karya Ratih Kumala diterbitkan Gramedia Pustaka Utama dengan tebal 274 halaman. Berkisah tentang tragedi romansa Jeng Yah dan Suraja, novel ini sukses membuat hati dipenuhi amarah dan tangis.

Selain itu novel ini juga bercerita tentang perjuangan pendirian pabrik kretek pada awal mula kemerdekaan Indonesia. Novel yang ditulis gadis kelahiran 1980 ini juga masuk dalam 10 besar penerima penghargaan Kusala Sastra Khatulistiwa 2012.

Penasaran bagaimana kisah Gadis Kretek? Yuk baca di Ipusnas sekarang.

2. Laut Bercerita (Leila S. Chudori)

Sebuah novel karya Leila S. Chudori ini berlatarkan tahun 1990-an di masa orde baru. Sang tokoh utama bernama, Laut, dinyatakan hilang dan tidak kembali lagi ke rumahnya. Selain laut beberapa teman-temannya yang bergabung dengan organisasi Winarta pun juga ikut menghilang.

Kisah yang menceritakan perjuangan Laut, teman-teman aktivis yang menegakkan keadilan dan membela kaum kecil di orde baru ini akan membuatmu menangis, meratap, dan ikut hanyut terbawa suasana.

Selain terkenal di Indonesia Novel ini juga sukses diterjemahkan dalam bahasa Inggris dengan judul The Sea Speaks His Name, segera baca novelnya dan nikmati Leila S. Chudori mencampuradukkan hatimu.

3. Ayah (Andrea Hirata)

Novel Karya Andrea Hirata selalu sukses membuat pembacanya terkagum, salah satunya adalah karya dengan judul Ayah yang bisa langsung kamu baca di Ipusnas.

Menceritakan kisah Sabari, seorang laki-laki tulus yang jatuh hati pada gadis dingin bernama Marlena. Ketulusannya tak mampu menembus hati Marlena tapi membekas di hati kecil anak laki-laki bernama Zorro.

Simak kisah Sabari, seorang Ayah yang selalu tulus dan sabar menghadapi peliknya kehidupan. Akan banyak pelajaran hidup yang kamu peroleh di Novel ini.

4. A Man Called Ove (Fredrick Backman)

Novel ini menceritakan kisah laki-laki bernama Ove, yang telah ditinggal mati istrinya di masa tua. Ove yang tidak lagi memiliki motivasi hidup memilih untuk menyusul istrinya di alam lain.

Namun, tetangga baru Ove yang baru menghuni rumah kosong di sebelah rumah cukup mengganggu aksinya. Keluarga dengan sepasang suami istri dan dua anak itu mengganggu hidup Ove. mulai dari meminjam peralatan sampai menitipkan anak-anak yang tak bisa diam.

Cerita ini akan membuatmu lebih menghargai hidup, arti sebuah keluarga dan pertemanan.

5. Semua Ikan di Langit (Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie)

Salah satu karya Ziggy ini menjadi juara satu lomba Sayembara Novel DKJ. Berkisah tentang sebuah bus jurusan Dipatiukur-Leuwipanjang yang menjelajah antar dimensi, ruang, dan waktu.

Ditemani sebuah kecoa kecil bernama Nad, mereka sama-sama melihat kemurahan hati ‘Beliau’ (sebuah panggilan yang diberikan tokoh utama pada anak kecil hobi menjahit nan misterius di cerita ini).

Walaupun bukan buku religi Novel ini akan mampu membawamu merasa dekat dan mengenal lebih jauh tentang Sang Pencipta.

6. Aku, Kau dan Sepucuk Angpau Merah

Novel karya Tere Liye selalu menyuguhkan sudut pandang yang berbeda dan unik.

Aku, Kau dan Sepucuk Angpau Merah merupakan sebuah cerita penuh dramatis dalam dunia penuh kasih sayang, ini akan membawamu mempelajari ketulusan dan keikhlasan yang sesungguhnya.

Tere Liye berhasil memikat pembacanya dengan penyampaian yang sederhana dan tidak mudah ditebak. Simak kisah romansa Borno dan Mei yang cukup rumit, dan siap mengaduk emosimu.

7. Entrok (Okky Madasari)

Sebuah karya Okky Madasari yang menceritakan tentang feminisme, politik sosial, dan teror negara pada banyak rakyat kecil pada zaman orde baru. Dengan dua tokoh utama yang sangat berbeda.

Marni yang lahir buta huruf, hidup susah, dan memuja dewa-dewa dengan anaknya Rahayu, sosok gadis yang dibentuk oleh sekolah dan mendapatkan berbagai kemudahan hidup, pemeluk agama yang taat dan menjunjung akal sehat. Pada akhirnya mereka menemukan titik temu dengan perjuangan yang panjang.

Selain terkenal di Indonesia novel ini juga diterbitkan dalam beberapa bahasa, diantaranya bahasa Jerman, Malaysia, dan Arab.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *